Gotong Royong Menjadi Program Unggulan Pemkot Palembang

Palembang - liputansumsel.com--Kegiatan Gotong royong yang menjadi salah satu program unggulan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang semakin digalakkan.

Seperti hari ini, Kamis (27/9/2018), komunitas Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Palembang menggelar kegiatan operasi semut gotong royong yang melibatkan hampir 1.500 anggota dari PHRI, Asita dan stake holder PHRI.

Mengambil titik kumpul di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), ratusan peserta melakukan operasi semut mengambil sampah sampah dengan rute dimulai dari sepanjang jalan Merdeka, Kantor Pos, lanjut menuju Sungai Sekanak, memasuki jalan disamping Kantor Walikota, kemudian bergerak menuju ke BKB dan finis kembali di Monpera.

Walikota Palembang Harnojoyo memberikan apresiasi kepada PHRI yang menggelar kegiatan gotong royong ini.

Menurut Harnojoyo, jurus paling jitu merubah pola masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan itu dengan gotong royong membersihkan sampah.

“Kalau mau merubah kebiasan buruk warga yang membuang sampah sembarangan itu, ya dengan gotong royong mengajak membersihkan sampah,” tegas Harno.

Nah dari kegiatan hari ini, tegas Harnojoyo adalah bentuk moral membentuk karakter masyarakat untuk pola hidup sehat dan bersih.
Terlebih saat ini, Kota Palembang menjadi kota yang diperhitungkan untuk kunjungan wisata yang ada di Indonesia.

“Yang menjadi tujuan dan prioritas adalah pariwisata berkelanjutan melalui tiga aspek seperti memperhatikan lingkungan, sosial dan ekonomi. Lingkungan yang bersih dan rapi menjadi tujuan kita,” tutur Harnojoyo.

Menurut orang nomor satu di Kota Palembang ini, hampir empat tahun ini mengimbau masyarakat untuk mengubah pola perilaku buang sampah sembarangan melalui gotong royong.

“Kita akan merevisi perda terkait membuang sampah sembarangan. Kalau dulu denda sampai 50 juta kurungan 7 bulan, sekarang kita ringankan menjadi 250 ribu dan 3 hari kurungan. Jadi jangan sampai masyarakat terkena sangsi ini, ” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Palembang, Herlan Asfiudin mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia yang digelar setiap 27 September.

“Kegiatan ini rutin kita gelar setiap tahunnya,” ungkapnya, Kamis (27/9/2018).

Ia menjelaskan, melalui peringatan Hari Pariwisata Sedunia ini, menjadi momentum untuk para anggota PHRI dan semua mitra untuk lebih sadar akan kebersihan.

“Adanya kegiatan ini karena kita mensuport Pemkot Palembang untuk menciptakan Palembang bersih, ” ungkapnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.