Askonas dan Hatsindo Provinsi Sumsel Gelar RAPIMDA dan Pelatihan Ahli Muda K3 Konstruksi


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional (DPD ASKONAS) dan Himpunan Ahli Teknik Konstruksi Indonesia (DPD HATSINDO) Provinsi  Sumatera Selatan Gelar Pelatihan Ahli Muda K3 Konstruksi di Hotel Amaris Jalan Demang Lebar Daun Palembang, Selasa (27/11/2018).

Kegiatan pelatihan sekaligus Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) yang diikuti kontraktor dari berbagai daerah yang ada di Sumsel tersebut di hadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru, Ketua DPRD KOTA Palembang Iwan Darmawan, Ketua DPP Askonas pusat Rahmatullah, SE, S, IP. dan Ketua DPD Askonas Prov.  Sumsel H. Rusmin manai gani,dan H. Iskandar Selaku Ketua DPD Hatsindo provinsi sumsel.

Gubernur sumatera  selatan H. Herman Deru saat menghadiri kegiatan Rapimda dan pelatihan tersebut mengungkapkan bahwa pelatihan yang terlaksana ini sangat bermanfaat bagi kontraktor  sekaligus sebagai konsolidasi Organisasi Dalam Menghadapi Akreditasi Asosiasi Sesuai Dengan UU No 2 Tahun 2017 pembangunan di Sumatera Selatan.


"Kita sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini karena ini merupakan langkah yang tepat dan cermat dalam menyikapi pemenuhan syarat bagi anggota dimana melalui kegiatan ini  seperti pekerja dapat mengetahui tentang yang namanya keselamatan kerja"ujar Herman Deru.

Keselamatan pekerja menurut orang nomor satu di  Sumsel ini sangatlah utama  karena menjadi point penting yang mengalahkan orientasi propit dalam tiap usaha atau proyek.

Pernyataan serupa juga disampaikan  Ketua DPRD Kota Palembang Iwan Darmawan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang terlaksana ini.

"Seperti yang disampaikan oleh pak gubernur bahwa kita juga sangat  mengapresiasi dengan kegiatan yang digelar askonas  dan Hatsindo semoga dapat besinergi antara kontraktor dan ahli tehniknya,"ungkap Darmawan.

Darmawan menyampaikan dengan digelarnya konsolidasi Organisasi Dalam Menghadapi Akreditasi Asosiasi Sesuai Dengan UU No 2 Tahun 2017 semoga semua kontraktor benar benar bisa bekerja sesuai prosedur, dengan sertifikasi yang dimiliki sehingga para kontraktor memahami akan tentang aturan aturan pengerjaan proyek karena banyak yang mengawasi seperti BPK, KEJAKSAAN DAN KPK, kita berharap adanya Rapimda ini sangat baik dan sebagai pendukung dilapangan",ungkap Darmawan

Ketua DPD Hatsindo Provinsi Sumatera Selatan H. Iskandar  mengucapkan," berterima kasih kepada gubernur sumsel H. Herman Deru dan ketua DPRD kota palembang H. Iwan Darmawan juga kepada peserta yang mengikuti pelatihan. kita bekerja memakai sistem K3 untuk keselamatan tenaga kerja dikhususkan untuk keselamatan saat bekerja, sehingga terjamin keselamatan pekerja, mungkin yang akan datang kita adakan untuk ahli ahli yang lain seperti, ahli bangunan, ahli konstruksi dan ahli ahli lainnya,  sekarang ini kalau mau mendapatkan sertifikat kita harus bisa menguasai satu bidang, adanya bermacam macam sertifikat baik dibidang bangunan, dibidang Las,  dibidang konstruksi dan bidang lainnya, yang mengeluarkan sertifikat itu sendiri adalah Hotsindo langsung," ungkapnya.

Hotsindo tidak mengeluarkan sertifikasi secara cuma cuma ada proses prosesnya yang panjang untuk menuju akreditasi supaya kita bisa mengeluarkan serifikat tersebut.

Operator itu sendiri harus mengikuti pelatihan dulu, makanya selesai pelatihan ini masih ada proses lainnya lagi, bagi yang tidak lulus dalam mengikuti pelatihan ini akan sangat sulit untuk dapat mengikuti setiap adanya tender bahkan bisa masuk kategori tidak bisa mengikuti tender tersebut.(A2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.