Puluhuan Jamban di Kecamatan Indralaya dibongkar



Indralaya.liputansumsel.com---Guna menjaga kebersihan lingkungan disepanjang sungai diwilayah Kecamatan Indralaya, Puluhan Bong atau jamban di sejumlah aliran sungai ditertibkan Camat Indralaya Rahmini, S.Sos,.bersama tim dari Dinkes Ogan Ilir Puskesmas Indralaya, Puskesmas Talang Aur dan Sat Pol PP Rabu (23/01).

Aksi Pembongkaran ini adalah hasil kesepakan antara pihak Puskesmas, Pemerintah Kecamatan dan Masyarakat Desa untuk mendukung Pemerintah Kabupaten OI  menuju Kabupaten Kota Sehat (KKS) tahun  2019.

Camat Indralaya Rahmini mengatakan sebelum pembongkaran ini sudah dilakukan sosialisasi penyuluhan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas tentang pentingnya kebersihan dan menjaga kesehatan.


"Hal ini juga sesuai dengan Inpres No 1 th 2017, Pergub No 25 th 2017 dan Perbub No 38 th 2017 tentang GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).Di tahun 2019 ini yg menjadi Program Prioritas Nasional adlh Pengentasan STUNTING yg salah satu penyebab nya adalah masalah kesehatan lingkungan  seperti kurangnya air bersih, jamban yang kurang sehat dan sampah,"ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Plt Kadinkes OI  Dr. Nurharlina, S.KP, M.Kep, S.p.Kom., melalui Kasi Promkes Henny menuturkan  sangat berterima kasih "kepada lurah dan Kepala Desa yang sudah membantu TIM dalam upaya pendekatan kepada masyarakat  sehingga warga dapat merobah prilakunya ke pola hidup yang lebih sehat." Tukasnya, sembari berharap  semoga tujuan yang dicita-citakan akan terwujud  Ogan Ilir sebagai salah satu Kabupaten Sehat Di Provinsi Sumsel.(rul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.