STIE Lembah Dempo, Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat


Pagaralam,Liputansusmel.com - Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lembah Dempo kota Pagaralam Elvera SE M.Sc memberikan Sosialisasi mengenai KKN (Kuliah Kerja Nyata) dalam Pembukaan KKN angkatan ke xvii 2019 oleh Perguruan Tinggi Lembah Dempo

Elvera menyampaikan kepada para peserta KKN angkatan Ke-xvii bahwa kegiatan KKN akan melatih pengabdian secara riil di tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut menurut Elvera sesuai dengan salah satu amanat dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

"Kenapa pengabdian masyarakat menjadi Tri Dharma Perguruan Tinggi selain Pendidikan dan Penelitian? Apa maknanya? Karena Universitas tak boleh jadi menara gading yang tinggi dan tak terjangkau. Sebaliknya Kampus harus dekat dengan rakyat, mendengar denyut nadi suara rakyat sehari hari," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/3/2019).


Menurutnya, kreativitas dan inovasi serta temuan dari kampus juga harus berdaya-guna untuk membantu dan meningkatkan taraf hidup. Bahkan, dapat memberi manfaat pada masalah rakyat sehari-hari dari hasil studi dan riset kampus.

"Kita semua harus ingat, bahwa sejarah pergerakan Indonesia tak pernah lepas dari Pemuda, Kampus dan Mahasiswa. Kita ingat Pemuda menggerakkan Kebangkitan Nasional 1908, yang 20 tahun kemudian mewujud dalam Sumpah Pemuda 1928. Anak-anak muda juga menjadi pendorong Proklamasi kemerdekaan 1945, Pergantian kekuasaan 1965 sampai yang Reformasi 1998," ujarnya.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pagaralam Elvera juga menekankan, bahwa kualitas sumber daya manusia dengan daya saing tinggi akan menentukan kemajuan bangsa, bahkan seiring berjalannya waktu kemajuan bangsa sehubungan dengan kualitas sumber daya terlebih generasi muda.

"Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas, mesti melalui pendidikan yang baik. Pendidikan yang berkualitas berasal dari institusi atau perguruan tinggi dan pengajar yang baik serta berkualitas juga. Untuk itulah, para mahasiswa yang bisa menempuh pendidikan tinggi apalagi di perguruan tinggi yang baik dan berkualitas, jangan disia-siakan. Belajarah yang rajin dan giat, jadilah generasi muda yang berilmu dan berkarakter kebangsaan yang baik sehingga ke depan bangsa kita akan mampu bersaing dengan negara-negara maju," katanya.

Harapan Elvera lainnya adalah KKN Kebangsaan ini bisa mendekatkan mahasiswa sebagai bagian dari rakyat bahkan menjadi langkah awal pengabdian kepada masyarakat.

Sehingga tidak akan berhenti menjadi formalitas tetapi benar-benar mendekatkan mahasiswa pada realitas.

"Temukanlah cara-cara terbaik untuk memberdayakan masyarakat sebagai bagian dari perubahan. Mahasiswa adalah mata, hati dan suara rakyatnya . Semoga perjumpaan dengan masyarakat di KKN Kebangsaan ini mengingatkanmu ketika sukses nanti, bahwa ada rakyat, bangsa dan negara yang menantikan pengabdianmu," tandasnya.

KKN Kebangsaan 2019 dihadiri Ratusan lebih peserta dosen dan mahasiswa BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)dari berbagai prodi (Program Studi)

Acara yang digelar di Aula Lembah Dempo Kota Pagaralam, Sabtu (30/3/2019) juga dihadiri perwakilan AJOI Dpc Kota Pagaralam, dan Dosen STIE/AMIK Lembah Dempo Kota Pagaralam.(Rc)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.