Desa Sedyo Mulyo Wakili Kabupaten OKI, Ikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi

OKI, liputan Sumsel - Geliat pembangunan yang ada di Desa Sedyo Mulyo (G5), Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang terus mencuri perhatian sehingga memberikan motivasi bagi desa lainnya setelah melalui seleksi dan tahapan yang selektif sehingga kerja keras tersebut membuahkan hasil dengan mewakili Kabupaten OKI pada ajang lomba desa tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun ini.
Kades Sedyo Mulyo Suyadi dalam laporannya menjelaskan,Desa Sedyo mulyo ini merupakan eks transmigrasi 1987 yang berasal Kedung Ombo Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa tengah.
Desa yang mata pencaharian berkebun karet dan sawit ini berjumlah 488 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah penduduk 1547 terdiri 780 Laki laki dan 756 perempuan dengan luas 3012 Hektar.
Adapun batas-batas wilayahnya sebelah Barat dengan Desa Tanjung Sari Kecàmatan Lempuing Jaya, sebelah Timur dengan Desa Bumi Makmur, sebelah Utara dengan Desa Sumber Hidup Kecamatan Pedamaran Timur, serta sebelah Selatan dengan Desa Gedung Rejo.
Melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) pemerintahan Desa Sedyo Mulyo merealisasikannya pada bidang Pendidikan dengan membangun gedung lokal SDN 1 Sedyo Mulyo sebanyak 5 RKB dan Gedung Paud, bidang kesehatan bangun Pagar Poskesdes dan gedung Posyandu, bidang infrastruktur merealisasikan pengerasan jalan, peningkatan Jalan, bangun Gorong gorong dan plat deker, serta inovasi membangun alun-alun desa, membangun Lapangan sepak bola dan stadionnya dan lapang bola Volly.
"Kami sebagai orang yang diberikan amanah untuk membina desa ini akan berbuat dengan sekuat jiwa dan raga supaya desa ini menjadi baik dan terbaik masa mendatangnya, untuk itu kami berikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat yang berjibaku berbuat dan menjaga segala kewibawaan desa ini serta pula Koperasi Unit Desa (KUD) maju lancar yang sangat berperan aktif dalam pembangunan di Desa Sedyo Mulyo ini," ucapnya.
Ditàmbahkan juga dirinya mengucapkan terima kasih pada usaha dan upaya pemimpinan desa Sedyo Mulyo (G5) pendahulunya karena dengan adanya pengabdian mereka tersebut menjadikan Desa Sedyo Mulyo bisa seperti sekarang ini.
Wabup OKI HM Jakfar Shodiq dalam sambutannya mengatákan merasa bangga dengan pesatnya pembangunan yang ada desa Sedyo Mulyo ini, apalagi kegiatan hari ini bertepatan dengan hari jum'at legi yang mengandung filosofi jawa Jum'at artinya Enam dan Legi artinya Manis maka didefinisikan kegiatan yang banyak manfaatnya, maka itu dirinya berkeyakinan kalau Desa Sedyo Mulyo (G5) ini dengan apa yang sudah dilaksanakan akan membuahkan hasil yang baik dalam lomba ini. 
Pihak Pemkab OKI akan memberikan Reward berupa berupa uang tunai sebesar Rp.500 juta bila meraih juara pertama tingkat provinsi Sumatera Selatan tahun ini, ungkapnya.
Kepala DPMD Sumsel H Yusnin S.Sos.M.Si memberikan apresiasi dengan Desa Sedyo Mulyo yang telah mengungguli 314 desa di Kabupaten OKI, pihaknya dalam memberikan penilaian secara objektif kepada Desa peserta lomba desa ini, karena desa yang dinobatkan sebagai juara lomba desa tingkat provinsi Sumatera Selatan akan dipertandingkan pada tingkat nasional tahun ini,terangnya.
"Alhamdulillah Provinsi Sumsel telah 3 kali berturut menjuarai kedua tingkat nasonal, semoga untuk kali ini kita juara pertama tingkat nasional, maka itu bila berhasil menjuarai tingkat Nasional Kepala desa dan ketua PKK nya berkesempatan ikut upacara 17 Agustus HUT RI di istana negara,"cetusnya. (Povi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.