Warna-Warni Hiasi Karnaval Budaya Serasan Sekundang



Muara Enim,Liputansumsel.com--Melanjutkan rangkaian Festival Colourfull Pemerintah Kabupaten Muara Enim Menggelar acara pawai festival karnaval budaya daerah yang menampilkan warna warni Pesona Bumi Serasan Sekundang.

Acara berlangsung di Lapangan Merdeka Kabupaten Muara Enim Suasana meriah pun langsung tercipta saat Bendera Start Karnaval ini diangkat oleh Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM bersama Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH, yang menandai dimulainya Karnaval Budaya ini. Turut hadir menyaksikan seluruh Forkompinda dan masyarakat se- Kabupaten Muara Enim,Sabtu (27/4/2019).

Hasil pantauan liputansumsel.com Start pawai budaya dimulai dari depan Lapangan Merdeka dan Finish di Tugu Pahlawan Kota Muara Enim, Karnaval Budaya diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari para pelajar baik tingkat SD SMP sampai tingkat SMA dari Seluruh Kecamatan dan komunitas kesenian masyarakat di Kabupaten Muara Enim.

Ir.Ahmad Yani dalam sambutannya berharap semoga acara ini dapat mengaktualisasikan Budaya Daerah yang berkembang di tengah-tengah masyarakat Muara Enim.

Selain budaya daerah, Acara ini juga bertujuan untuk memajukan kebudayaan Nasional Indonesia di tengah Peradaban Dunia dan menjadikan Kebudayaan sebagai investasi untuk masa depan dan peradaban bangsa demi terwujudnya tujuan Nasional yang diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 32.

“Negara memajukan kebudayaan Nasional Indonesia ditengah Peradaban Dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan Nilai-nilai budayanya”

"Seiring dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Muara Enim yaitu Muara Enim untuk Rakyat  #MERAKYAT yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera," Ujar Yani.

Selanjutnya, Dalam situasi politik pasca Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif. Bupati pun mengajak semua lapisan masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan  serta menjaga keutuhan Bangsa.

"jangan terpancing isu-isu provokatif baik dimasyarakat maupun di media sosial yang tujuannya memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Republik Indoensia" tegasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Zainal Abidin mengatakan.

"Karnaval Budaya ini bertujuan untuk menggali serta membangkitkan lagi Budaya –budaya di Kabupaten Muara Enim yang terpendam, menumbuhkan lagi cinta masyarakat terhadap Budaya Daerah dan yang terpenting untuk memperkenalkan Budaya kita ini kepada pihak luar atau wisatawan sehingga mereka bisa tertarik untuk berkunjung ke Bumi Serasan Sekundang ini" ujarnya

Sementara Salah peserta Felin (13) pada pawai karnaval budaya acara mengungkapkan  perasaan senang dan gembira nya atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Ribang nian aku pacak milu partisipasi di karnaval budaye kali ini, karne aku pacak milu melestarikan budaye kite, njagenye, di karenekan di jaman mak ini la banyak budaye-budaye asing yang la keluau masuk ke bada kite. Payu kance-kance kite jage dan lestarikan budaye peninggalan nenek moyang kite ini. Men bukan kite, generasi millenial ini yang  njagenye siape agi.” Ungkap Felin dengan riang gembira salah satu peserta karnaval  Budaya kepada MC Kab/Diskominfo Muara Enim.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.