SD Negeri 114 Palembang Terus Berbenah Untuk Kemajuan Sekolah



Palembang, Liputan Sumsel.Com - Pendidikan adalah mata air sumber ilmu, tanpa adanya ilmu mustahil cita-cita yang selangit akan mendapatkan keberhasilan.
Dengan pendidikan tentunya ada secercah harapan kedepan untuk kompetisi para siswa. Makanya, peranan pendidikan sangat penting sebagai ujung tombak sebuah keberhasilan siswa-siswinya dalam menggali ilmu demi sebuah cita-cita dan prestasi.

Agar dapat mewujudkan mutu dan kualitas pendidikan agar lebih baik lagi, SD Negeri 114 Palembang menerapkan sikap disiplin disekolah.

"Dengan menerapkan kedisiplinan disekolah tentunya menjadi kewajiban yang harus dijalankan dalam suatu lembaga pendidikan, peranan yang terpenting ialah guru yang mendidik disekolah karena guru adalah pembimbing yang dapat menciptakan siswa-siswi yang berkualitas jadi intinya untuk meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dengan disiplin," ujar Kepsek SD Negeri 114 Palembang Nirwana,S.Pd.Sd.Senin, (22/7/2019).

Menurut Nirwana mengapa peran guru dalam membimbing sangat menentukan, karena guru bukan hanya memberikan bekal moral kepada siswa-siswi melainkan dapat  mewujudkan visi misi dan tujuan dari sekolah tersebut.

"Saya yakin seluruh warga sekolah dapat menyadari betapa pentingnya disiplin dilingkungan sekolah semua bertujuan untuk keberhasilan dalam meningkatkan prestasi di segala bidang ," serayanya.

Tentu untuk mewujudkan apa yang menjadi Visi, Misi dan tujuan  SD Negeri 114 Palembang yaitu menciptakan siswa-siswi yang  berakhlak mulia, berprestasi dan berwawasan lingkungan maka pihak sekolah mengiatkan seperti :

1. Melaksanakan kegiatan keagamaan setiap hari jumat di sekolah
2. Membiasakan perilaku 3 S Senyum, Sapa, Salam
3. Meningkatkan disiplin dan tata tertib disekolah
4. Melaksanakan paikem gembira berbobot (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan)
5. Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler
6. Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan
7. Menjadikan sekolah berwawasan lingkungan
8. Melestarikan lingkungan hijau disekolah
9. Mengelompokkan sampah sesuai jenisnya
10. Menciptakan lingkungan bersih dimana pun berada

Agar semua dapat terlaksana dalam lingkungan sekolah, Nirwana,S.Pd.Sd mengatakan bahwa semua membutuhkan kerja keras dan dukungan dari semua pihak mulai dari guru, komite, dan peran serta orang tua siswa "saya yakin semua itu dapat terlaksana dengan baik,"ungkapnya.

Bukan hanya dalam penerapan disiplin saja yang dilaksanakan di SD Negeri 114 Palembang, ternyata untuk sebuah kemajuan sekolah pihaknya terus melakukan upaya pembenahan dalam meningkatkan suatu mutu pendidikan.

"SD Negeri 114 Palembang juga sudah mendapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat  Provinsi
serta telah mencetak siswa-siswi dan guru yang berprestasi yang kini banyak mendapatkan sebuah penghargaan untuk sekolah seperti mendapatkan prestasi dalam ajang :

1. O2SN juara 1 tingkat Kota
2. O2SN Juara 3 tingkat Provinsi
3. O2SN Juara 3 tingkat Kota
4. Juara umum Drum Band terbuka

Nirwana menambahkan "Selain itu dalam ruang lingkup sekolah ada juga salah satu guru yang berprestasi yaitu mewakili Sesumbagsel dalam ajang SEAMEO QITEP IN MATHEMATIC YOGYAKARTA TAHUN 2015 SESUMSEL dan
TAHUN 2019 SEAMEO QITEP IN SCIENCE BANDUNG SESUMSEL,

"Harapan saya semoga SD Negeri 114 Palembang terus dapat meningkatkan lagi prestasinya dalam segala bidang,"pungkasnya.(A2)
loading...

Post a comment

0 Comments