Kecamatan Kalidoni Gencarkan Program Urban Farming



Palembang, Liputan Sumsel.Com - Sebagai langkah upaya dalam memanfaatkan lahan yang terbatas  Pemerintah Kecamatan Kalidoni bekali Sumber Daya Manusia (SDM) dengan memberikan  pelatihan wirausaha yang bertajuk Urban Farming atau pertanian kota di balai Kecamatan Kalidoni.

Camat Kalidoni Arie Wijaya S.STP M.Si saat diwawancarai  menyebutkan dalam kegiatan Urban Farming ini akan dilaksanakan  pada tanggal 7-8 Agustus 2019 bertempat di balai Kecamatan Kalidoni.

"Kegiatan Urban Farming atau pertanian perkotaan ini merupakan program kecamatan yang sudah digerakan sejak tahun 2017 dan ini akan terus kita gencarkan selain sebagai penghijauan ini juga memiliki nilai dan manfaat untuk warga masyarakat,"ujarnya,Senin (5/09/2019).

Diterapkanya Urban Farming di wilayah Kecamatan Kalidoni bukan hanya sekedar program melainkan dirinya ingin menjadikan warga Entrepreneur bukan hanya sukses lewat UMKM tapi juga sukses melalui  Urban Farming .

"Untuk pelatihan wirausaha Urban Farming nantinya akan diikuti sekitar 100 peserta dengan menghadirkan pemateri dari Satker dan dari pihak luar,"ungkapnya.

Bagi Arie bicara tentang kota dengan keterbatasan lahan tentunya tidak menjadi faktor penghalang bagi masyarakat ingin mengembangkan usaha di bidang pertanian.Selain dapat memberikan manfaat bagi warga masyarakat Urban Farming juga membantu pemerintah dalam penghijauan.

 "Masyarakat bisa memamfaatkan lahan yang terbatas tersebut seperti bertanam sayur-sayuran, menanam bawang, cabe dan lain-lain dengan menggunakan kalibek, atau  bertambak lele hanya dengan memakai terpal tanpa harus menggali, Jadi harapan kita setelah diberikan pelatihan mengenai Urban Farming dapat memberikan pemahaman dalam memanfaatkan lahan terbatas sehingga dapat membantu masyarakat  untuk membuka usaha baru dengan memanfaatkan peluang sebagai peningkatan ekonomi,"pungkasnya. (Ali).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.