Rapat Tim Jejaring intertek balitbangda OKI SumSel guna Tingkatkan daya saing dan kemandirian ekonomi daerah



Kayuagung Liputaan SumSel.com-Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten OKI Rabu 07/08/19 telah adakan Rapat Koordinasi Tim Jejaring Intermediator Teknologi.

Acara rapat tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Ketua Komisi lll DPRD Kabupaten OKI, Ketua Lembaga Penelitian Universitas OKI, Narasumber dari Balitbang Provinsi SumSel, dan peserta pertemuan rapat koordinasi (intertek) kaupaten OKI dan rapat Tim Jejaring Intertek tersebut dibuka secara langsung oleh Imlan khairun selaku kepala Balitbang Kabupaten OKI dan kemudian dilanjutkan Sekda OKI.

Dalam sambutannya H.Husin S.Pd selaku SekDa menerangkan" Kabupaten OKI mempunyai keunggulan keunggulan sumber daya alam melimpah yang tentunya perlu penelitian dan pengkajian agar inovasi - inovasi baru dalam pengelolaan dan pemanfaatannya agar dapat diterapkan secara efektif, afisien dan optimal sehingga mampu meningkatkan daya saing usaha dan perekonomian rakyat"Terang Husin

Dengan adanya Tim Jejaring Intertek dapat meningkatkan peranserta OPD terkait, guna dapat menjembatani , mendekatkan tekonologi tepat guna antar pemilik teknologi dengan UKM agar dapat mengembangkan usahanya"lanjutnya.

Setelah Sekda kemudian dilanjutkan oleh pemateri atau Narasumber tim dari Balitbangda SumSel Dr.Drs. Alamsyah, M.Pd didampingi Desri Yesi, ST mengatakan tujuan pembentukan tim jejaring intertek yakni mengoptimalkan hasil Litbang, sehingga hasil penelitian yang dihasilkan oleh lembaga lembaga kelitbangan termasuk perguruan tinggi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara nyata dalam meningkatkan perekonomiannya.

Intermediator mempunyai Tugas pokok dan fungsi dalam melaksanakan intermediasi teknologi didaerah yang berbasis pada potensi daerah untuk penguatan sistem inovasi daerah (SIDa) guna mencari kebutuhan teknologi, menawarkan teknologi, konsultasi pengembangan bisnis dan produk, membantu pemerintah dan memperlancar komunikasi antar pemangku kepentingan daerah dalam penguatan SIDa.

Banyak sekali produk produk unggul di OKI khusunya dibidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutan, energi dan sumber daya mineral, ekonomi kreatif,  yang bisa dikelola dengan baik dan tentunya dengan menggunakan teknologi yang tepat guna.

Dengan adanya rapat intertek ini diharapkan masyarakat dapat mengelola dan memanfaatkan teknologi dengan maksimal dan tentunya dengan Sumber daya manusia yang unggul juga yang mampu meningakatkan daya saing dan kemandirian ekonomi daerah" ungkap Alamsyah. (Povi)

Post a Comment

0 Comments