Penilaian Gerakan Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi di RSUD Kayuagung Berjalan Lancar

OKI- LiputanSumSel.Com_Rumah Sakit Umum Daerah Kayuagung Senin 28/10 telah ikuti Lomba RSSIB (Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi), saat dikonfirmasi hari ini Rabu 30/10 pihak RSUD kayuagung mengatakan telah kedatangan Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi SumSel terkait dengan Lomba RSSIB.

Lomba RSSIB dari dinas kesehatan Provinsi SumSel yang diikuti oleh tiap-tiap Rumah Sakit Umum Daerah termasuk RSUD Kabupaten OKI, dalam lomba RSSIB akan dinilai oleh tim penilai.

Menurut keterangan Dr Mirda sebagai Direktur RSUD Kayuagung melalui Dr Ivan SpOG selaku Ketua pelaksana RSSIB OKI Kayuagung mengatakan" tim penilai lomba RSSIB merupakan staf Ahli dibidangnya yakni Dr. H. Ferry Yusrizal. SpOG(K), Dr. Atika Akbari. SpA, Dinia Yunita. M.Kes yang tak lain dari Dinas Kesehatan Provinsi,  Yusmiati piagam yang merupakan ketua IBI SumSel" Terangnya.

Lanjut Ivan"10 langkah perlindungan Ibu dan Bayi secara terpadu dan Paripurna menuju Rumah Sakit sayang Ibu dan Anak, saya jelaskan secara singkat yakni mendukung pelayan kesehatan Ibu dan Bayi termasuk pemberian ASI eksklusif dan perawatan bayi baru lahir, melaksanakan antenatal care secara kontinyu termasuk konseling maternal dan neonatal, melaksanakan asuhan persalinan normal (APN) serta perawatan bayi baru lahir dengan pemberian ASI secara dini, melaksanakan pelayanan Obstetrik dan neonatal emergency konferehensif (PONEK), pelayanan Rawat gabung serta konseling cara menyusui yang benar dan perinatalogi yang sakit, rujukan maternal dan neonatal dari Bidan ke rumah sakit, konseling pada Ibu pentingnya Imunisasi dan perkembangan anak, pelayanan KB dan pencegahan kehamilan yang tidak diinginkan, tindak lanjut maternal dan perinatal dirumah sakit secara berkesinambungan, membuat kelompok pendukung ASI, saya kira itu saja kurang lebihnya"ungkapnya.

Ditambahkannya lagi" kami harap dengan adanya lomba ini pengetahuan masyarakat tentang betapa penting kesehatan Ibu dan Bayi sangat penting terutama dalam pemberian ASI atau Inisiasi menyusui Dini, begitu bayi dilahirkan langsung diberikan ASI pertama yang didalamnya mengandung Kolostrum yang berguna untuk sistem kekebalan bayi nantinya"ujarnya.(Povi)

Post a Comment

0 Comments