Gubernur Sumsel Minta Dukungan Menteri KKP Bangun Potensi Daerah

Palembang -liputansumsel. com -Gubernur Sumsel, H Herman Deru meminta dukungan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo dapat mengembangkan potensi daerah Sumsel terutama sektor kelautan dan perikanan yang tersedia cukup besar.

Hal ini diungkapkan orang nomor satu di Sumsel ini kepada Menteri Edhi Prabowo pada acara Peringatan ke-19 Hari Nusantara di Palembang, Senin (4/11).

"Sebagai putra daerah kami mengharapkan pak menteri memberikan dukungan maksimal dalam mengembangkan potensi kelautan dan perikanan yang belum terkelola secara maksimal, " pinta Gubernur Herman Deru.

Ini akan menjadi kenangan baik bagi bapak pribadi dan bagi masyarakat Sumsel jika potensi kelautan dan perikanan di Sumsel mampu terangkat melalui bantuan Menteri Edhi Prabowo.

Gayungpun bersambut, Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo mendukung Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel)  untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya terutama membangun tempat pembibitan udang untuk menggalakkan usaha budidaya udang yang memiliki prospek cukup cerah.

"Kita akan mempelajari dan men dukungan secara maksimal tempat pembibitan udang di kawasan Pulau Maspari wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir yang direncanakan Pemprov Sumsel, " jelas Edhy.

Kegiatan budidaya udang akan didukung dengan fasilitas pembibitan yang memadai, sehingga masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan untuk mendatangkan benih udang dari luar Sumsel.

Selama ini benih didatangkan pengelola tambak udang dari Lampung dan Semarang, proses pengiriman benih antarprovinsi itu kurang mendukung kegiatan budidaya karena ketika sampai di lokasi tambak banyak yang mati.

Permasalahan tersebut akan diupayakan segera diatasi dengan membangun tempat pembibitan/benih udang yang unggul dan sesuai dengan kondisi alam wilayah Sumsel.

Jika tempat pembibitan tersebut berhasil diwujudkan, diharapkan tidak hanya bisa memenuhi kebutuhan benih masyarakat Sumsel tetapi juga kebutuhan masyarakat di provinsi lain sekitar pantai Timur Sumatera.

Untuk segera mewujudkan tempat pembibitan udang di Pulau Maspari itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru diminta mendorong pejabat terkait aktif melakukan koordinasi dengan pejabat di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Jika pejabat di provinsi ini tidak aktif mengajukan usulan dukungan pelaksanaan program pembangunan terkait sektor kelautan dan perikanan, pihaknya tidak mengetahui provinsi ini membutuhkan dukungan apa saja dari pusat, ujar menteri yang juga putra Sumsel tu. (Tim)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.