Masyarakat Desa Tanjung Agung Menuntut Hak nya ke PT.BSP

Muara Enim, LiputanSumsel.com
Masyarakat Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung, kembali menggelar Aksi Demo Protes Damai kepada pihak PT Bumi Sawindo Permai Senin, 18/11/2019. Adapun yang terlibat bertindak sebagai pengamanan tampak hadir dari pihak Polsek Tanjung Agung dan TNI.

Menyangkut masalah Sengketa Lahan yang diklaim sebagai lahan Ulayat milik Masyarakat Desa Tanjung Agung. Adapun yang ditunjuk sebagai Kordinator Lapangan dalam aksi damai ini yaitu Harlen Fedrian, sebagai Koordinator Aksi yaitu Aprizal Dulhamid, dan selaku Penanggung Jawab aksi damai tersebut Mastopa Azhar.

Salah satu tokoh masyarakat  Desa Tanjung Agung Mustopa Azhar menyampaikan, “Pada tahun 1990 masyarakat Tanjung Agung minta bantuan ke Gubernur mengenai rimba peramuan dan ditindaklanjuti Gubernur melalui surat ke Bupati dengan No.593/1994/I/1990 tertanggal 23 April 1990 tentang hutan ramuan yang dirusak”.

Sambungnya lagi, “pada tahun 2012 gejolak masyarakat kembali terjadi berjalannya waktu sampai lah ke pengakuisisi PT Bumi Sawindo Permai oleh PT Bukit Asam, tetapi surat sanggahan dari masyarakat sama sekali tidak diindahkan oleh PT Bukit Asam”, ucap Mustopa Azhar.

Dalam orasinya menyampaikan agar Mengembalikan Hutan Rimba Banau kepada Masyarakat Tanjung Agung. Pihak manajemen PT Bumi Sawindo Permai ketika dikonfirmasi awak media dikantornya menyampaikan, “kami akan berkoordinasi dengan kepala desa yang baru terpilih setelah dilantik nanti terkait beberapa kesepakatan yang belum terealisasi”, ujar Timan selaku Dirut PT Bumi Sawindo Permai.

Pak Kamti dari manajemen PT Bumi Sawindo Permai juga menambahkan, “supaya pagar yang dibuat oleh pendemo dibongkar karena akan menghambat laju aktivitas perusahaan sehingga mengakibatkan kerugian atau perusahaan akan menggugat perbuatan tersebut”, tegasnya.

Dengan adanya gejolak seperti ini semoga apa yang menjadi permasalahan kedua belah pihak bisa diselesaikan tanpa ada yang dirugikan itu yang menjadi keinginan Masyarakat Tanjung Agung untuk kedepannya.

Post a Comment

0 Comments