Ratusan Calon Kades OKI Berjanji Siap Kalah-Siap Menang

OKI—LiputanSumSel.Com Sebanyak 298 calon kepala desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada102 desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir mengikrarkan deklarasi damai di GOR Perahu Kajang Kayuagung, Jum’at, (8/11).
Pada deklarasi tersebut perwakilan calon kepala desa membacakan kesiapan mereka untuk mengikuti Pilkadas damai dengan siap menang dan juga siap kalah.
"Kami siap menerima hasil pilkades dengan lapang dada. Kami juga calon kepala desa siap menjaga kondusifitas," ujar para kades dalam acara tersebut di hadapan Bupati dan Wakil Bupati OKI serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Bupati OKI, H. Iskandar berharap ikrar yang diucapkan para calon kepala desa tersebut bisa meminimalkan terjadinya konflik seusai pilkades.
"Menang dan kalah itu tergantung ikhtiar dan takdir namun yang terpenting adalah kita mengikuti setiap tahapan dan proses pilkades serentak ini dengan baik agar terpilih pemimpin terbaik untuk desa” Ungkap Iskandar.
Iskandar mengungkap pemerintah didukung oleh TNI/Polri akan memastikan pelaksanaan pilkades serentak di 102 desa di OKI akan berjalan tertib dan aman.
“Kita sama-sama pastikan Pilkades serentak tahun ini berjalan dengan baik. Panitia harus ‘ menjaga asas jujur dan adil juga kepada camat dan OPD untuk melakukan pendampingan tambah Iskandar.
Sementara Kapolres OKI melalui Wakapolres Kompol Janton Silaban,SH.,S.Ik mengungkap jajaran Polres OKI akan menurunkan personel gabungan untuk mengamankan jalannya pilkades tersebut.

"Saya imbau untuk menjaga situasi kondusif. Jangan terpancing dengan hal-hal provokatif" ujar Wakapolres.
Dandim 0402 OKI, Letkol. Inf. Riyandi berpesan kepada para calon kepala desa untuk meluruskan niat dalam pencalonan sebagai kepala desa.
“Jadi ini bukan untuk mencari pekerjaan tapi pengabdian luruskan kembali niatan kita” ungkap Dandim.
Dandim juga meminta para calon kepala desa mampu mengendalikan keluarga dan tim sukses untuk menjaga persatuan dan ketertiban.
“Terpenting menjaga persatuan, jika ada yang mencoba memecah belah atau berbuat onar kami tidak segan melakukan tindakan hukum” tegas Dandim.
Sementara Kepala Dinas PMD Kabupaten OKI, Nursula, S. Sos mengungkap Tahapan Pemilihan Kades serentak di Kabupaten OKI sudah dimulai sejak beberapa hari lalu, dengan masa kampanye mulai pada tanggal 11 sampai dengan 13 November.
“Manfaatkan masa kampanye dengan baik, hingga waktu masa tenang dan pemilihan kami akan melakukan pengawasan dan pendampingan” ujarnya.(Povi)

Post a Comment

0 Comments