LEGMAS PELHUT MUBA, POHON ULIN/BULIAN TERANCAM PUNAH.

Muba-liputansumsel.com-Pohon ulin/bulian/onglen, termasuk jenis pohon yang pertumbuhannya lambat sehingga stock di alam lebih sedikit dari pada permintaan masyarakat terhadap kayu jenis ini. Sekarang kayu yang dilindungi ini hampir punah akibat kurang perhatian, dan dirambah  oleh tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, sementara pihak yang di beri kewenangan sepertinya lalai sehingga kayu jenis langka ini terus teracam.

Menurut suharto, "Penyebab terancam punahnya pohon ulin juga diduga disebabkan oleh kerusakan habitat pohon ulin/onglen/Bulian, kerusakan habitat ini disebabkan oleh pembukaan wilayah hutan untuk kepentingan konversi bagi pemanfaatan lahan yang tidak memperhitungkan keanekaragaman hayati ke dalam variabel perencanannya. Kondisi seperti ini diperparah dengan adanya penebangan liar yang merambah ke kawasan konservasi, demikian jelas suharto ketua LEGMAS PELHUT kabupaten Musi Banyuasin diruang kerjanya,minggu(29/12/19).

Dijelaskan Suharto, "kami sebagai lembaga gerakan masyarkat peduli lingkungan dan hutan, sangat prihatin, saat ini kami sdah membentuk Gerakan Anti Perusak Hutan, yang fokusnya adalah menjaga dan mengawasi kayu onglen yang masih ada, serta merencanakan bukit pendape sebagai wisata hutan dengan melibatkan masyarakat stempat  sebagai pengelolah jaslinnya ledepan  terutama masyarakat di Wilayah Bukit Pendape dusun Jebang desa Keramat Jaya Kec. Sungai Keruh, Kab Musi Banyuasin Prop Sumsel, jelasnya.

Lebih lanjut Suharto Menjelaskan, bahwasannya"Kita juga tenaga berusaha untuk meminta kepada pemegang izin dan KPH Wilayah XII Benakat, agar dijadikan binaan dan mitra atas KTH yang telah terbentuk guna menjaga kelestarian hutan dan kayu unglen yang masih ada, disamping itu juga, kita tetap akan gandeng Pemda Muba guna membangun infrastruktur yang ada seperti jalan setapak dan lainnya, untuk menunjang program wisata hutan yang direncanakan,cetusnya.

"Meskipun harganya yang tergolong mahal sampai saat ini belum banyak masyarakat yang membudidayakan ulin sehingga untuk memenuhi kebutuhan akan kayu ulin masyarakat masih sangat tergantung dari habitat pohon ulin aslinya di hutan alam. Hal ini semakin menyebabkan populasi pohon ulin di alam semakin menurun bahkan terancam punah".

"Penyebab terancam punahnya pohon ulin diduga disebabkan oleh kerusakan habitat pohon ulin/onglen. Kerusakan habitat ini disebabkan oleh pembukaan wilayah hutan untuk kepentingan konversi bagi pemanfaatan lahan yang tidak memperhitungkan keanekaragaman hayati ke dalam variabel perencanannya. Kondisi seperti ini diperparah dengan adanya penebangan liar yang merambah ke kawasan konservasi"tutupnya.(tim).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.