Bukit Benape Bakal Tarik Wisatawan Datang ke Muba

MUBA-liputansumsel.com- Bukit Benape yang terletak di Dusun IV Jebang Desa Keramat Jaya Kecamatan Sungai Keruh merupakan wisata alam yang potensial di Kabupaten Musi Banyuasin.

Dengan ketinggian 1.760 meter dari permukaan laut (MDPL) menjadikan bukit ini sebagai tempat yang tertinggi di Muba.

Hari ini, Minggu (25/1/2020), Wakil Bupati Muba Beni Hernedi bersama Anggota DPRD Provinsi Sumsel Susi Imelda Frederika selaku Wakil Ketua TP PKK Muba, PT Musi Hutan Persada, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Benakat, Camat Sungai Keruh dan Mahasiswa pecinta alam, berkunjung langsung dan mendaki bukit tersebut.

Wabup Muba mengatakan selain menikmati tempat wisata, dan melakukan penanaman pohon, tujuannya datang ketempat tersebut, untuk menyusun rencana kemitraan kehutanan bersama MHP, KPH Benakat, dan juga masyarakat setempat.

"Pemkab Muba mendorong dan berterimakasih kepada berbagai pihak yah telah berinisiatif untuk menjadi Bukit Benape sebagai tempat wisata," ujar Wabup.

Ia mengungkapkan untuk pembangunan infrastruktur penunjang kedepan Pemkab Muba akan berkoordinasi dengan pihak terkait karena wilayah itu masuk dalam kawasan hutan.

"Untuk akses transportasi kurang lebih ada 10 KM dari jalan perusahaan perkebunan memang dengan keadaan kurang baik. Tapi kita sudah bicarakan dengan MHP dan KPH, serta didukung perusahaan sekitar untuk menyusun rencana pemanfaatan termasuk penyiapan infrastruktur jalan," ungkapnya.

Selain itu, Beni menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, dan menghentikan praktek-praktek ilegal logging atau penebangan kayu secara liar.

"Ujungnya apa yang akan kita lakukan kedepan bagaimana ini bisa dinikmati dan juga kelestarian terjaga, serta masyarakat mendapat penghasilan dari keberadaan Bukit Benape," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala UPTD KPH Wilayah 12 Benakat Neneng menyampaikan bahwa masyarkaat sekitar punya keinginan mengelola kawasan hutan menjadi wisata alam, untuk itu pihaknya telah bersinergi dan memohon dukungan Pemkab Muba untuk mewujudkan keinginan masyarakat yang kedepannya mempunyai legalitas mengelola hutan yang diakui oleh Negara.

"Himbauan kami sama seperti Pak Wabup Muba agar masyarakat sekitar bisa menjaga kelestarian hutan disni. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan bersama bisa tercapai," serunya.(agung/rill).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.