Seismograf Pos Pengamatan Gunung Dempo Catat Terjadi Embusan Dari Kawah Dempo

Pagaralam,Liputansumsel.com - Dari hasil seismograf (Alat rekam Aktifitas Gunung) mencatat kegempaan gunung api dempo cendrung terjadi fluktuatif, meski intensitas kegempaan menurun namun masih saja terjadi embusan yang dikeluarkan dari kawah Gunung Api Dempo. Hal ini diungkapkan Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Dempo Megian Nugraha (2/1/2020)


Dikatakan Megian saat dihubungi Liputansumsel.com via Whatsapp, embusan sifatnya bukan letusan freatik berupa lontaran material abu vulkanik gunung yang diawali dengan tanda tanda erupsi, diiringi dengan naiknya aktifitas gunung api dempo, sedangkan rangkuman kegempaan dari bulan bulan lalu dinilai kegempaan gunung dempo menurun.


“Sejauh ini belum kami temukan ada letusan freatik dari kawah gunung dempo, berdasarkan analisa rekaman sesimograf maupun pengamatan visual,” terang Megian.


Lanjutnya,kedepan kita belum dapat memprediksi kemungkinan apa yang terjadi terhadap gunung api dempo, apakah levelnya kembali naik maupun tetap normal di level I aktif normal.


“Pastinya fenomena alam tidak bisa ditebak. Kami dari Pos Pemantauan Gunung Api Dempo tetap mengintensifkan pemantuan terhadap kekinian kondisi Gunung Api Dempo mengantisipsi hal yang tidak diinginkan,” katanya.


Ditambahkan Megian, hasil rekap data berdasarkan alat rekam kegempaan seismograf tercatat ada satu kali vulkanik dalam, tektonk jauh terjadi sebanyak tiga kali dan dua kali embusan. Diimbau kepada masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap gelojak fenimena alam yang tidak bisa diprediksi sebelunya guna mengindari bahaya yang ditimbulkan.


 “Untuk visual cuaca dominan mendung dengan intensitas hujan tinggi, puncak gunung dempo terkadang berkabut,” pungkasnya

Lebihnya lagi Megian Menjelaskan Bahwa untuk pengaruh dari potensi hujan yang lebat tidak sebegitu berpengaruh " kalau untuk pengaruh hujan dgn intensitas tinggi hanya berpengaruh terhadap pemantauan secara visual "Tutupnya (Ric)
loading...

Post a comment

0 Comments