Dalam Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2020 Bupati OKU Himbau Panitia Bersikap Netral

BATURAJA – liputansumsel- Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs. H. Kuryana Azis menghimbau kepada panitia pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2020 untuk melaksanakan tugasnya sesuai aturan dan bersikap netral serta  jangan sekali-kali condong atau berpihak kepala salah satu calon agar pelaksanaan pilkades dapat berjalan aman dan lancar.

Hal ini ditegaskan oleh orang nomor satu di Bumi Sebimbing Sekundang ini dalam acara deklarasi damai pilkades serentak, yang diikuti oleh 246 calon kades dari 74 desa penyelenggara pilkades se Kabupaten OKU, Rabu (26/2), sekitar pukul 09.00 wib di Gedung Kesenian Baturaja.

Pilkades serentak di tahun 2020 ini adalah barometer demokrasi di tingkat desa yang kepala desanya dipilih secara langsung oleh warga untuk menentukan kepemimpinan desa enam tahun kedepan. Maka sangat urgen bila panitia pilkades melaksanakan tugasnya dengan baik dan tidak berpihak.

“Saya himbau dan tekankan kepada seluruh panitia pilkades untuk bersikap netral dan tidak condong kepada salah satu calon kades  agar pelaksanaan pilkades serentak ini berjalan lancer dan aman serta menghasilkan kepemimpinan ditingkat desa sesuai yang diharapkan warga,” jelas Kuryana.

Bupati Kuryana menegaskan untuk itulah dilakukan dan digelar acara deklarasi damai pilkades serentak tahun 2020 agar semua kontestan calon kades serta panitia pilkades mampu mewujudkan komitmen bersama untuk mensukseskan jalannya pilkades se-Kabupaten Oku ini.

“Saya yakin dan percaya, masyarakat OKU sudah berpengalaman dalam pemilihan langsung pemimpin, mulai dari pemilihan RT, kades, Bupati, Gubernur dan bahkan pemilihan Presiden, suasana politik di Kabupaten Oku selalu aman, lancer dan kondusif,” papar Kuryana.
 Selain itu, Kuryana mengajak agar dalam pilkades serentak juga dijadikan momentum untuk membuktikan adanya persatuan dan kesatuan serta semangat kebersamaan dalam mewujudkan pilkades yang damai, langsung umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dan sukses tanpa ekses.

“Sekali lagi tentu kita harapkan pilkades serentak tahun 2020 berjalan aman penuh kekeluargaan, demokratis dan tentunya dapat menghasilkan pemimpin ditingkat desa yang penuh tanggungjawab dan mengemban tugasnya dengan amanah,” tegas Kuryana.

Sebelumnya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten OKU,  Slamed Riyadi MSi menyampaikan pada acara deklarasi damai pilkades serentak 2020 bahwa hal ini dilandasi Permendagri nomor 112 tahun 2014 tentang pilkades sebagaimana telah diubah dengan permendagri nomor 65 tahun 2017, dan perda nomor 9 tahun 2018 tentang perubahan kedua atas perda nomor 10 tahun 2015 tentang pilkades, peraturan Bupati nomor 71 tahun 2019 tentang perubahan atas pertauran bupati nomor 12 tentang petunjuk teknis pelaksanaan pilkades.

“Maka dari itu, dibuat kesepakatan bersama untuk mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan pilkades secara damai, sopan, bermartabat, dan penuh tanggungjawab,” jelasnya.
Dalam acara deklarasi damai pilkades serentak tersebut, Bupati OKU Drs H Kuryana Azis hadir bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kepala daerah, yang kegiatan ini ditandai dengan pembacaan teks deklarasi damai serta dilanjutkan penekanan sirine dan penandatangan bahwa acara deklarasi damai pilkades serentak resmi dimulai. (ADV/tim)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.