Wakil Walikota Palembang Adakan Safari Bersih-Bersih Masjid dan Musholla

Palembang, Liputan Sumsel.Com-Penyebaran wabah Corona disejumlah negara menjadi perhatian serius Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, hal itu terlihat Jumat (6/3/2020) siang setelah selesai sholat Jumat bersama di Masjid Agung Palembang.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda terlihat langsung memimpin pembersihan Masjid Agung Palembang dengan mengerahkan penuh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“ Kita langsung menindaklanjuti intruksi Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Yusuf Kalla tentang sosialisasi ke tempat ibadah berkaitan dengan kewaspadaan Covid-19 (virus Corona),” kata Fitri.

Setiap OPD, kata Fitri dibagi tugas masing masing untuk bersihkan setiap sudut, mulai dari drainase, tempat wudhu, sajadah, lantai hingga langit langit masjid.
“ Gerakan bersih bersih masjid ini akan terus berlangsung disetiap masjid, hari ini gerakan pertama besok akan dilanjutkan ke masjid lainnya,” kata Fitri.

Fitri mengatakan, bersih bersih masjid bukan berarti Palembang sudah ada yang tersucpect virus tersebut, melainkan sebagai pencegahan.

“Bersih bersih masjid ini bukan mencerminkan kondisi Palembang ada yang terkena virus, sampai sejauh ini Palembang kondusif aman, dan sampai sekarang belum ada yang terkena virus ini, kedepan jangan sampai ada yang terkena nauzubillah jangan sampai ada yang terkena virus ini, sampai sejauh ini Palembang tetap aman,” kata Fitri.

Meski Palembang aman kondusif, Fitri mengajak warga tetap waspada dan jangan terlena dan tetap menjaga kebersihan dengan enam langkah mencuci tangan dan beretika bersih, karena penyebaran corona menyebar melalui udara.

“Seluruh jajaran Pemkot Palembang harus mensosialisasikan pola hidup sehat ini,” katanya.

Fitri mencatat ada 1.700 masjid yang ada di kota ini,pembersihan ini hanya akan menyasar masjid masjid yang besar saja dan juga langsung melibatkan ikatan remaja masjid.

Dan bagi warga yang ingin sholat di masjid disarankan untuk membawa mukena sendiri dan jika ada jemaah yang terkena flu juga disarankan untuk sholat dirumah.

“Kita juga mengajak warga non muslim juga ikut melakukan gerakan yang sama melakukan pembersihan tempat ibadah mereka,” tegasnya.

Tidak hanya melakukan gerakan pembersihan masjid, ditegaskan Fitri langkah antisipasi lainnya juga perlukan untuk mencegah virus ini.

“Kita juga menginginkan Dinkes dan puskesmas rutin melakukan penyuluhan pola hidup sehat ini,” katanya.(Rl/A2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.