Herman Deru Tetap Update Penanganan Covid-19 Sumsel Secara "Online" Bareng Awak Media

Palembang - liputansumsel.com--Social distancing yang wajib diterapkan guna menghindari penyebaran virus Covid-19 tak menghalangi kegiatan Gubernur Sumsel H.Herman Deru untuk terus menyampaikan informasi-informasi terkini seputar perkembangan penanganan Covid-19 di Sumsel kepada awak media. Rabu (1/4) tadi misalnya, Gubernur Sumsel H.Herman Deru  mulai memanfaatkan aplikasi Zoom meeting online untuk  berdiskusi sekaligus melakukan tanya jawab secara serentak bersama puluhan insan pers di Sumsel dari Command Center Pemprov Sumsel.

Seperti diketahui sejak wabah Covid-19 mewabah beberapa bulan terakhir seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali insan pers mesti menjaga jarak alias social distancing. Tak hanya menjaga jarak, para kuli tinta bahkan dianjurkan mengurangi kegiatan wawancara langsung, doorstop atau jumpa pers. Hal ini tak pelak membuat awak media cukup kesulitan mendapatkan informasi.

Tak mau informasi kepada warganya terganggu, Gubernur Herman Deru melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumsel, juga Humas Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel dan Jubir Satgas Covid-19 Sumsel pun langsung merespon hal ini dengan memanfaatkan aplikasi Zoom dan menghubungkannya dengan semua rekan media yang biasa meliput di Pemprov Sumsel.

Pada panggilan video bersama untuk pertama kalinya itu sejumlah insan pers dari berbagai media baik cetak, online maupun elektronik baik lokal maupun nasional mauoun organisasi kewartawanan terlihat ikut bergabung. Seperti perwakilan dari wartawan Sumatera Ekspres, Tribun Sumsel, Kompas, DetikSumsel, Kantor Berita Antara AJI Sumsel, IJTI Sumsel, AMSI Sumsel. 

Tak hanya Gubernur, dalam panggikan video  bersama yang dilakukan itu tampak juga Forkompimda di antaranya Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel, Ketua DPRD Sumsel hingga Kejati Sumsel.

Selain bermanfaat untuk panggilan video, Zoom Cloud meeting sendiri  memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan teks satu sama lain, maupun melakukan presentasi secara langsung. Zoom Cloud Meetings juga dapat digunakan untuk melakukan pertemuan dalam grup selama empat puluh menit secara gratis. Sehingga benar-benar menjadi alternatif pilihan bermanfaat untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti biasa dengan tetap menjaga jarak aman agar terhindar dari Covid-19.

" Wabah Covid-19 ini tidak boleh menganggu langkah-langkah kita. Manfaatkan dong kan teknologi banyak sekarang. Makanya hari ini Saya adakan pertemuan online, supaya tetap bisa diskusi dengan rekan media walaupun tidak bisa wawancara langsung. Jadi informasi tetap update," tutur HD.

Hal ini kata Gubernur sekaligus menindaklanjuti hasil pokok pikiran wartawan Sumsel yang sampai ke pihaknya beberapa hari lalu terkait solusi Peliputan dan Penyajian Berita Covid-19.

Mereka terdiri dari sejumlah organisasi jurnalis/wartawan di Sumatera Selatan (antara lain AJI Palembang, IJTI Sumsel, PWI Sumsel, PFI Palembang dan AMSI Sumsel) bersama Perusahaan Media (Tribun Sumsel, Sriwijaya Post dan Sumatera Ekspres).

Dimana perusahaan media massa merasa perlu untuk merumuskan sikap dan memberikan rekomendasi yang solutif pada otoritas penanggulangan Covid1-9 dalam hal ini pemerintah daerah dan gugus tugas di Sumatera Selatan. Khususnya pada urusan-urusan yang berhubungan dengan jurnalisme. 

Beberapa pokok-pokok pikiran, seruan dan solusi tersebut di antaranya yakni meminta agar  Otoritas Penanggulangan Covid-19 (Pemprov Sumsel, Pemda dan Gugus 
Tugas) 1.  Otoritas penanganan covid-19 menghindari penyelenggaraan konferensi pers/siaran pers tatap muka secara langsung yang mengundang jurnalis. 

Kemudian yang kedua otoritas penanganan Covid-19 menghentikan agenda seremonial yang kecenderungannya juga mengundang kerumunan baik jurnalis dan masyarakat. 

Dan ketiga memaksimalkan fungsi-fungsi kehumasan dari otoritas terkait. Juru bicara otoritas penanganan Covid-19 harus responsip, khususnya menjawab pertanyaan-pertanyaan dari jurnalis via alat  telekomunikasi (Standby Ponsel 24 Jam) serta  Meniadakan wawancara doorstop. 

Selain berdiskusi melalui aplikasi ini Pemprov lanjut HD akan dimanfaatkan sebagai sarana pengumuman perkembangan covid 19 di provinsi Sumatera Selatan oleh jubir yang akan di laksanakan pada pukul 16.30wib via aplikasi zoom dan live Ig humas dan Kominfo. Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari setelah pengumuman dari jubir gugus tugas nasional.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.