Sebelum Lebaran Paket Sembako Akan Dibagikan Ke Masyarakat

Muara Enim, Liputansumsel.com
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim memastikan paket Sembilan Bahan Pokok (Sembako) untuk masyarakat yang terdampak Corona Virus Deasea (Covid-19), bakal segera didistribusikan dalam waktu dekat.

Plt. Bupati Muara Enim, Juarsah SH menyebutkan bahwa paket sembako sudah didistribusikan kepada masyarakat sebelum Hari Raya Idul Fitri 1441 hijriah tahun 2020.

“Mudah-mudahan sebelum lebaran Idul Fitri kita usahakan pembagian paket sembako,” ungkapnya, dalam rapat evaluasi kinerja percepatan penanganan Coronavirus Disease Covid-19 di ruang rapat Serasan Sekundang, Senin, (4/5/2020).

Menurut Juarsah, semua masyarakat Muara Enim akan mendapatkan paket sembako tersebut, antara lain,  beras 10 kilogram, minyak 1 kilogram, gula 1 kilogram, gandum 1 kilogram, dan kecap manis 1 botol.

“Jadi ini kita realisasikan untuk semua masyarakat Muara Enim, kecuali ASN, TNI dan Polri, tidak boleh menerimanya. Saya minta kepada OPD lurah dan desa, betul-betul mendata warganya. Dipastikan menerima, sehingga kedepan tidak ada lagi laporan masyarakat yang tidak menerima bantuan,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Muara Enim, Hasanuddin menerangkan, sembako untuk masyarakat ini direalisasikan melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dalam menggunakan APBD, Pemkab menggunakannya dengan asas ke hati-hatian.

Pemkab sendiri mengandeng Kejaksaan dan Kepolisian dalam pengawasan dana Covid-19 ini. Namun tidak ada laporan secara resmi tertulis dari Kemensos, Pemda mengharuskan mengelola sendiri dalam bentuk bantuan sembako kepada masyarakat.

“Pemerintah pusat hanya sekedar lisan saja ketika video conference, mengizinkan Pemda mengelola dana APBD, tidak ada hitam di atas putih. Karena kita selalu gunakan asas kehati-hatian agar kedepannya tidak menimbulkan masalah dikemudian hari” terangnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.