Hujan Deras, Warga di Kelurahan Pasar 3 dan Kelurahan Muara Enim Mengalami Kebanjiran

Muara Enim, Liputansumsel.com
Hujan deras yang mengguyuri selama berjam-jam tadi malam mengakibatkan banjir terjadi di beberapa Kelurahan di Kabupaten Muara Enim.

Contohnya rumah warga RT.06/RW.08 di Kelurahan Muara Enim ini, Sugeng Arifin (58) menerangkan bahwa hujan yang turun deras dari jam 21:00-02:00 WIB membuat volume dan debit air di Sungai Ayek Putih menjadi meningkat sehingga meluap tidak tertampung lagi setinggi sekitar 1 meteran akhirnya masuk ke dalam rumah warga sekitar 40 KK yang terdampak termasuk hewan ternak dan kebun juga ada yang mati.

Selain itu yang menyebabkan terjadinya banjir tadi malam karena Sungai di Ayek Putih ini kurang lebar dan sudah dangkal mungkin karena banyak kotoran serta ada banyak tanaman yang tumbuh di sekitar sungai,"ucap Sugeng.

Sugeng juga menambahkan di sisi lain banjir yang terjadi dikarenakan adanya pembangunan perumahan dan tanah kavlingan di sekitar rumah warga saat dilakukan penggusuran, tanah dari gusuran tersebut masuk ke dalam sungai yang menyebabkan sungai menjadi dangkal,"ungkapnya.
"Harapan kami selaku warga di Ayek Putih ini memohon kepada Pemerintah Kabupaten dan Dinas terkait untuk segera bantu melakukan normalisasi pelebaran di Sungai Ayek Putih ini serta di buatkan jembatan penyeberangannya untuk akses warga melintas agar lebih aman,"tutur Sugeng.

Disisi lain Anto Sujarwo (35) warga di Kelurahan Pasar 3 Muara Enim juga mengalami hal yang sama, hujan deras tadi malam yang menyebabkan siring serta gorong-gorong yang kecil dan dangkal tidak tertampung lagi, air hujan turun sangat deras akhirnya membanjiri rumah warga setinggi pinggang berjumlah 13 KK yang berada di RT.01/RW.01,"paparnya.

Anto menambahkan kembali dari kejadian banjir tadi malam hewan ternak ada yang mati kemudian barang elektronik seperti kulkas,tv dan sepeda motor jadi rusak,"ujarnya.

"Kami berharap dengan adanya kejadian ini Pemerintah Kabupaten dan Instansi terkait peduli serta perhatian atas keluhan warga disini, untuk segera melakukan perbaikkan pada siring dan gorong-gorong ini supaya ke depan tidak lagi terjadi banjir,"tutur Anto.
loading...

Post a comment

0 Comments