Sumsel Pilot Project Program Bumikan Pancasila BPIP di Wilayah Sumatera

Palembang -liputansumsel.com-- Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendapat kepercayaan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP ) untuk menjadi pilot project di Sumatera, dalam menumbuhkan kembali kesadaran terhadap nilai-nilai Pancasila kepada Generasi muda melalui permainan rakyat dan olahraga tradisional Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Tim Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP melakukan audiensi mengenai persiapan awal kegiatan uji coba lima permainan traditional Indonesia (Pancamain), Bertempat di Rapat Asisten Pemerintahan dan Kesra (22/6) Pagi. 

Kepala Subdirektorat Pengendalian III BPIP Leo Efriansa, S.STP, M.Si  meyampaikan bahwa Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional merupakan salah satu metode yang kita gunakan dalam penanaman nilai-nilai Pancasila, permainan rakyat disamping memberikan hiburan dan sarana untuk mewariskan nilai-nilai yang diyakini kebenarannya dalam kehidupan masyarakat.

Dalam audiensi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang diterima asisten I Tim dari Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP meyampaikan bahwa Sumatera Selatan akan di rencanakan menjadi lokasi trial atau uji coba permainan Panca MaIndonesia, Panca MaIndonesia adalah sebuah konsep tentang pemanfaatan dan pembudayaan nilai-nilai Pancasila melalui permainan rakyat dan olahraga tradisional. 

“Melalui Panca MaIndonesia ini selain pelestarian budaya pelajar akan jauh lebih mudah memahami nilai-nilai Pancasila yang telah ada dalam kehidupan masyarakat Indonesia,” katanya 

Dalam hal ini mewakili Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Assisten I bidang Pemerintahan dan Kesra H. Akhmad Najib mengucapkan terimakasih serta mengapresiasi Upaya BPIP daam menjaga nilai-nilai pancasila yang ada di indonesia.

"Saya mewakili Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru berterimakasih serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya sebagaimana kita dipercayai menjadi provinsi uji coba, oleh karena itu Mari kita sama-sama menyatukan tujuannya adalah menjaga karena pancasila ini merupakan nilai yang harus di junjung tinggi." Ujarnya

Najib berharap dengan adanya kegiatan yang akan di selenggarakan BPIP ini dapat menjadi teladan bagi masyarakat Sumsel.

"Harapan saya BPIP ini dapat menjadi teladan, serta bagi masyarakat gali lah potensi yang dapat digali dari BPIP ini melalui permainan tradisional ini." Harapnya

Setelah melakukan audiensi dengan pemerintah Provinsi Sumsel TIM BPIP memiliki agenda Rapat dengan Komunitas Daerah di South Station Cafe, beberapa komunitas sumatera selatan  yang di gandeng BPIP yaitu Purna Paskibraka Indonesia ( PPI ), Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisonal Indonesia ( KPOTI ) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.