DPMD OKI Gelar Pembinaan Aparatur Desa dan Kelembagaan Desa Di Pangkalan Lampam

OKI - LiputanSumSel.Com Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), menggelar kegiatan pembinaan aparatur desa dan kelembagaan desa se-Kecamatan Pangkalan Lampam di Balai Desa Deling Kecamatan Pangkalan Lampam. 


Acara tersebut di hadiri langsung oleh Kepala DPMD OKI, Hj. Nursula, S.Sos, Camat Pangkalan Lampam Tasuhian Mika, S.Sos, Sekretaris DPMD Kanapi, Kabid Pemerintahan Desa dan Kelembagaan, Pauzan Nasrul, Ketua BKPRMI OKI, Samsuriadi,, Kades Deling, Amir Hamzah sebagai tuan rumah, para Kades dan jajaran pemerintahan desa se-Kecamatan Pangkalan Lampam, ibu-ibu TP PKK, dan para pengurus BUMDes.


Kepala DPMD Kabupaten OKI, Hj. Nursula memaparkan, desa mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemajuan desa dalam pembangunan adalah salah satu variabel penting kemajuan sebuah negara.


"Peran penting yang dimiliki desa dalam membangun negara telah diatur dalam Undang-Undang No. 6 Tahun 2014, yang kemudian diatur lebih rinci dalam Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang- Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa," kata dia.


Salah satu aspek penting dari kegiatan ini, lanjut Nursula, untuk mensosialisasikan tugas pokok dan fungsi perangkat dan kelembagaan desa sehingga tercipta keharmonisan, keseragaman, keterbukaan dalam tugas sehari-hari.


"Ini semua harus dilakukan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri," ujarnya.


Sementara itu, Camat Pangkalan Lampam mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan perangkat dan kelembagaan desa yang ada di Kecamatan Pangkalan Lampam ini kapasitas dan kompetensinya lebih mumpuni lagi.


"Diharapkan mereka lebih memahami tugas dan fungsinya, dan kerjasama yang selama ini sudah terjalin akan lebih meningkat lagi diantara masing-masing aparatur desa," katanya.


Kepala Desa Deling, Amir Hamzah selaku tuan rumah mengucapkan rasa terimakasih atas suksesnya kegitan tersebut.


“Alhamdulillah, kami ucapkan terimakasih kepada  semua pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini, karena berkat kerjasama yang baik acara ini bisa berlangsung Suksel dan lancar ungkapnya."(Povi)

loading...

Post a comment

0 Comments