Harnojoyo Dorong SDM yang Bermutu Percepat Pembangunan


Palembang, liputansumsel.com--Liputan Sumsel.Com – Upaya mempercepat pembangunan kota, khususnya Kota Palembang, perlu dukungan dari masyarakat terutama di bidang pendidikan, karena pendidikan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM). Jika SDM bermutu akan menghasilkan kemajuan pembangunan dengan cepat.


Hal ini diungkapkan Wali Kota Palembang, H Harnojoyo usai menghadiri Wisuda ke 36 Politeknik Sriwijaya (Polsri), Sabtu (24/10/2020).


Menurut Harno, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, berdampak pada semua sektor terutama pembangunan.


”Tapi kami berharap sektor pendidikan tidak menjadi kendala, karena ada banyak metode yang dapat kita terapkan untuk melaksanakan proses pembelajaran, bisa melalui online adalah salah satu solusi yang baik agar sektor pendidikan tetap berjalan dengan baik, apalagi untuk lembaga pendidikan seperti Polsri memiliki tenaga informasi teknologi (IT) yang mumpuni, saya pikir bisa diterapkan,” ujar Harnojoyo.


Bahkan lanjut orang nomor satu di Palembang ini, Polsri sudah terbukti mampu menelurkan SDM yang berkualitas. Setidaknya ada 1.888 orang yang mengikuti wisuda yang siap untuk memasuki dunia kerja dan membutuhkan lapangan pekerjaan.


“Kami, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berharap, para wisudawan dan wisudawati ini lulus bukan hanya mencari pekerjaan, namun memiliki kesempatan untuk membuka peluang kerja baru sehingga turut berperan untuk menciptakan lapangan pekerjaan,” harap Harno.


Melalui program pusat pengembangan pembangunan kata Harno, terus digalakkan pengembangan sarana dan prasarana sehingga mendorong sehingga membantu pemerintah untuk menata ruang yang ada agar minat masyarakat baik dari daerah maupun nasional bisa berkunjung ke Palembang.


“Membantu pemerintah untuk mengenalkan destinasi wisata, serta menjaga pengembangan pembangunan agar lebih baiklagi,” kata dia.


Dia mencontohkan, pengembangan pembangunan kota di wilayah Karya Jaya misalnya, menjadi mercusuar pusat pemerintahan kota, tentu akan menjadi ruang penataan yang baru untuk Palembang.


Untuk itu, lanjutnya, Polsri sebagai perguruan tinggi (PT) yang fokus mengembangkan SDM dibidang vokasi akan menghasilkan SDM yang terampil dan siap kerja, sehingga menarik minat orangtua untuk menitipkan anaknya menuntut ilmu di Polsri.


“Kami sangat mendorong pembangunan, khususnya bagi Polsri yang berorientasi pada metode pembelajaran berkolaborasi dengan industri yang menghasilkan produk yang dapat dipasarkan di masyarakat,” tukasnya.

(Rl/A2)

No comments

Powered by Blogger.