Herman Deru Kembali Raih Penghargaan Pembina K3 Tingkat Nasional


Palembang - liputansumsel.com--Dalam dua hari ini, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru berturut-turut menerima penghargaan bergengsi tingkat nasional. Setelah malam sebelumnya, Rabu (6/10/20) menerima penghargaan Indonesia Awards dari Inews TV (MNC Group), hari ini Kamis (8/10/20) Ia kembali menerima Penghargaan K3 tahun 2020 secara Virtual di Command Center.



Penghargaan pembina K3 ini, diserahkan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziah dan digelar secara virtual, bersama 18 orang Gubernur lainnya yang juga menerima penghargaan pimbina K3 dari Kemenaker.


Penghargaan ini diberikan Kementerian Ketenagakerjaan kepada kepala daerah yang dianggap berhasil membina perusahaan di daerahnya untuk patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan. Penghargaan ini juga bertujuan memotivasi perusahaan, pemerintah daerah dan pekerja untuk mengimplementasikan K3 dengan lebih baik.


Berdasarkan data Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumsel saat ini perusahaan di Sumsel zero accident atau tidak ada kecelakaan kerja di perusahaan selama 6000 jam. Oleh karena itu Gubernur Herman Deru selaku Pembina K3 di Sumsel untuk kedua kalinya senjak menjabat Gubernur Sumsel Oktober ahun 2018 lalu.



Penganugerahan Penghargaan K3 Tahun 2020 meliputi 5 kategori, yaitu penghargaan kecelakaan nihil, penghargaan sistem manajemen K3 (SMK3), penghargaan program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS) di tempat kerja, penghargaan pembina K3, dan penghargaan pemeduli HIV-AIDS di tempat kerja.


Sementara itu Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja 

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Haiyani Rumondang menjelaskan meskipun sampai saat ini masih dalam masa pandemi covid-19, jumlah penerimaan penghargaan K3 tahun 2020 ini untuk kategori penghargaan kecelakaan nihil sebanyak 1237 perusahaan, kategori penghargaan sistem manajemen K3 (SMK3) sebanyak 2362 perusahaan, kategori penghargaan program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS) di tempat kerja sebanyak 233 perusahaan, dan kategori penghargaan pembina K3 sebanyak 19 gubernur di Indonesia.

loading...

Post a comment

0 Comments