Palembang akan Terapkan Program Langit Biru Pertamina


Palembang, Liputan Sumsel.Com -PT Pertamina akan melaksanakan program langit biru, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Palembang. 


Hal ini terungkap dalam audiensi Wali Kota Palembang dengan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel, di ruang rapat wali kota, Selasa (6/10/2020). 


Program langit biru mengajak masyarakat Palembang untuk menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.


Region Manager Communication, Relations & CSR Sumbagsel, Dewi Sri Utami, mengatakan, sesuai aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), masyarakat harus menggunakan bahan bakar sesuai standar rium 4 dan nilai Research Octane Number (RON) 91.


"Ini juga bagian dari dukungan kami (Pertamina) untuk Pemkot Palembang. Yang mana lingkungan Palembang telah bersih dan udaranya telah sejuk. Pada tahun 2019 Palembang masuk dalam peta kadar polusinya paling rendah," ujar Dewi Sri. 


Rencananya, program ini akan diwujudkan pada akhir Oktober 2020. Di mana masyarakat bisa membeli Pertalite seharga Premium, khusus untuk kendaraan roda dua, roda tiga, taksi, dan angkutan umum plat kuning.


"Akan kita laksanakan di beberapa SPBU di wilayah Kota Palembang. Sebelumnya, ada 39 SPBU tapi yang mau kita adakan program ini ada 14 SPBU, karena SPBU ini yang menjual Premium kita pindahkan ke Pertalite. Ini khusus program kota Palembang saja. Pertalitenya seharga Rp 6.450 per liter. Di wilayah Sumatera, Palembang yang pertama," Dewi menerangkan. 


Ia menambahkan, karena kendaraan sekarang sudah keluaran terbaru, di mana sesuai spesifikasi kendaraan gunakan BBM RON nya 92 minimal, sehingga harus dengan gunakan BBM ramah lingkungan.


"Untuk tahap pertama ini sampai Desember. Ini program nasional, dan pertama telah dilaksanakan di Denpasar, kemudian diikuti Tanggerang Selatan selanjutnya Palembang. Kenapa Palembang, karena udara nya telah bersih dan masyarakatnya sadar akan bahan bakar yang ramah lingkungan," kata Dewi. 


Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengatakan, Pertalite sudah diminati sebagian besar pengendara, serta mampu menjadikan kendaraan ramah lingkungan.


"Dan pastinya dengan harga seperti itu, tentu Pertalite ini sangat membantu masyarakat kecil. Khususnya ojek dan taksi, tentu mesinnya juga nanti akan bagus dan kendaraannya juga tidak mudah rusak. Pemkot Palembang menyambut baik program langit biru ini." (Rl/A2)

loading...

Post a comment

0 Comments