Wawako Palembang Ajak Menjaga dan Merawat Museum Sebagai Kebanggan Bersama


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Guna mempertahankan serta merawat keutuhan nilai sejarah yang ada di museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda secara langsung memimpin bersih-bersih di seputaran kawasan tersebut yang penataanya kurang terawat. Pada kegiatan tersebut setidaknya dua dinas yang berhubungan perbaikan infrastruktur terlibat dalam gotong-royong di peringatan hari museum nasional.


Menurut Fitri, hal ini sengaja kita lakukan mengingat museum tersebut murupakan kebanggaan bersama yang seharusnya mendapatkan perawatan serta menjadikan kawasannya bersih dan indah. Selain melakukan penataan diseputan lokasi tersebut, tentunya berdasarkan konsep yang sudah ada bahwa tidak diperbolehkan sebuah bangunan berdiri menutupi kemegahan seperti yang ada di museum ini, berdiri kolam besar yang tidak lagi berfungsi.


"Jadi sesuai dengan konsepnya maka bangunan tersebut akan kita singkirkan karena nilai sejarah kemegahannya harus terlihat dan dipertahankan, ini juga sedang kita lakukan penantaan dan dikaji sehingga kedepan Museum SMB II tersebut bisa dinikmati oleh semua wisatawan serta menyajikan sejarah dari kerajaan sriwijaya," katanya, Selasa, 13 Oktober 2020.


Lanjutnya masalah kebersihan yang ada di ruangan yang kurang terawat seperti koleksi bersejarah ini akan kita tata kembali serta dilakukan pembersihan tiap hari guna merawat benda-benda bersejarah.


"Saya berharap ke depan kegiatan ini tetap dilakukan guna mempertahankan kemegahan museum tersebut.


Di tempat yang sama Kepala Dinas Kebudayan Kota Palembang Zanariah, sesuai arahan dari Wakil Walikota Palembang segerah lakukan pembenahan secara menyeluruh.


"Insyaallah jika pandemi Covid-19 berlalu, maka secepatnya kita hidupkan lagi kota kita sebagai kota pusaka," tutupnya.(Rl/A2)

loading...

Post a comment

0 Comments