Kabupaten Muara Enim Terima 3 Penghargaan di Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2020


Muara Enim, Liputansumsel.com--Atas konsistensinya mempertahankan gelar juara Program Kampung Iklim (Proklim) Lestari Tingkat Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI selama 2 tahun berturut untuk Desa Sidomulyo di Gunung Megang dan Desa Pelakat di Semende Darat Ulu (SDU), Sabtu siang (28/11/2020).


Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H., menerima penghargaan dari Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru sebagai Pembina Proklim Terbaik Provinsi Sumatera Selatan 2020. Mewakili Bupati Muara Enim, penghargaan yang diserahkan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Menanam Pohon Indonesia 2020 tingkat Provinsi Sumsel di Desa Perjaya, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur tersebut, diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Amrullah Jamaluddin, S.E. Ken Arief


Gubernur Sumsel menilai, Plt. Bupati sebagai kepala daerah berhasil membina para kepala desa dan perusahaan sekitar dalam berkomitmen mewujudkan Kabupaten Muara Enim menjadi daerah yang ramah lingkungan dan menjaga kelestarian alam.


Sehubungan hal tersebut Gubernur Sumsel juga menganugerahkan Piala Kalpataru kepada Kepala Desa Pelakat, Kohapa sebagai Perintis Lingkungan Provinsi Sumsel Tahun 2020. Untuk Piala Adiwiyata, Tahun ini Gubernur Sumsel memberikan penghargaan kepada 17 sekolah SD/SMP/SMA sederajat di Provinsi Sumsel, diantaranya 3 sekolah dari Kabupaten Muara Enim, yaitu SDN 1 Gelumbang, SDN 1 Lawang Kidul dan SDN 12 Lawang Kidul.


Dalam keterangannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan menyampaikan, bahwa penghargaan yang diraih merupakan bentuk konsistensi Pemkab. Muara Enim, khususnya komitmen Plt. Bupati dalam mengambil kebijakan-kebijakan terkait pelestarian alam.


Dirinya menjelaskan, bahwa lingkungan yang baik juga butuh komitmen dan kerja sama yang baik pula dengan perusahaan-perusahaan yang ada. Hal inilah yang terus digaungkan oleh Plt. Bupati agar terjalinnya sinergi antara pemerintah, perusahaan dan masyarakat dalam menjaga lingkungan.


Sementara itu ditempat terpisah, Plt. Bupati menyampaikan, rasa syukurnya atas penghargaan yang diraih. Dirinya berharap penghargaan tersebut dapat dijadikan motivasi berbuat lebih baik lagi dalam mewujudkan kelestarian alam dan lingkungan di Kabupaten Muara Enim.


Turut hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir. Kurmin, M.Si., dan juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim Irawan Supmidi S.Pd., S.Mn., M.M.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.