PRABUMULIH,,liputansumsel.com- Sebanyak 100 unit Etalase Kuliner dan 25 Unit Gerobak Kuliner yang di serahkan Langsung oleh Wali Kota Prabumulih, H. Ridho Yahya MM dan Kepala BSB Cabang Kota Prabumulih Tian Kedaumpu Yamin, kepada pinjaman modal usaha untuk para pedagang di wilayah kota Prabumulih.

Acara penyerahan bantuan Gerobak dan Etalase Kuliner serta pinjaman modal usaha tersebut, bertempat di pendopo Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Kelurahan Gunung Ibul Barat Kecamatan Prabumulih Timur. Rabu (23/12/20).

Adapun bantuan yang di pinjamkan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang sangat kecil yakni pinjaman Rp1 juta, pembayaran 85 ribu perbulan selama 1 tahun.  Dibincangi awak media, Walikota Prabumulih mengatakan bagi yang menerima bantuan ini harus menjaganya dan amanah.

Wali Kota Prabumulih, H. Ridho Yahya MM mengatakan sebelumnya pihak kita sudah melakukan survey juga verifikasi pada pedagang,dan pada saat penyerahan kita buat perjanjian agar gerobak dan etalase itu benar dimanfaatkan dengan baik bukan malahan barang bantuan ini dijual,” katanya.


Ridho menjelaskan, terkait pertanyaan tentang efesiensi atau tidaknya pemberian bantuan, apabila ada masyarakat yang meminta sendiri dan sudah banyak juga yang terbantu dengan program ini.

“Ini kan permintaan mereka sendiri,pada sebelumnya pernah kita berikan bantuan dan nyatanya bermanfaat. Kita menyikapi hal itu,daripada diberi uang lebih baik kita berikan mereka Gerobak. Istilahnya daripada memberi ikan lebih baik memberi pancing,” terangnya.

Sementara itu, Kacab BSB Prabumulih, Tian Kadaumpu Yamin menyampaikan bahwa dalam kesempatan ini pihaknya berperan sebagai Bank Pemberi pinjaman modal usaha berbentuk KUR.

Dari 125 orang yang kita ketahui datanya dari Disperindag,tadi sudah kita lakukan penyerahan pinjaman sebagai percontohan kepada 5 orang penerima bantuan untuk hari ini. “Pinjaman ini bunganya sangat lunak, yakni pinjaman Rp1 juta dengan pembayaran 85 ribu perbulan dikalikan 12 bulan jadi bunganya hanya sekitar Rp20 ribu, sangat lunak,” jelasnya.

Tian membeberkan, Program KUR ini akan terus berjalan sampai tahun depan. “Untuk kredit usaha rakyat bertujuan membantu masyarakat yang memang membutuhkan modal usaha,” ucapnya.(