Awal Januari, OKU Waspada Curah Hujan Tinggi


Baturaja,liputansumsel.com---Beberapa hari ini wilayah OKU diterpa hujan deras. Menurut Prakiraan BMKG Palembang, hujan deras tersebut mulai berlangsung di awal Januari 2021 ini.

Gunalfi dari bagian Pusat Penggendalian Operasi (PUSDAL OPS) BPBD OKU melalui pesan WAnya kepada media ini pada hari Sabtu dan Minggu lalu (2-3/1) menginformasikan berdasarkan hasil prakiraan probabilistik dari BMKG Palembang menyatakan untuk Update Peringatan Dini Cuaca Sumsel tanggal 2 Januari 2021 pukul 22.00 WIB kemarin terjadi hujan sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 22.30 WIB di Kabupaten OKU untuk wilayah Baturaja Timur, Baturaja Barat, Pengandonan dan sekitarnya.


Kondisi itu masih berlangsung hingga Tanggal 3 Januari.

"Kemudian untuk Update Peringatan Dini Cuaca Sumsel pada tanggal 3 Januari 2021 pukul 19.30 WIB. Masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir  dan angin kencang pada pukul 20.00 WIB di Kabupaten OKU untuk wilayah : Sinar Peninjauan, Lubuk Raja, Baturaja Timur dan sekitarnya. Kondisi ini masih berlangsung hingga pukul 22.00 WIB. Semuanya berdasarkan Prakirawan BMKG Sumatera Selatan dengan situs linknya http://www.bmkg.go.id," ungkapnya.

Lebih lanjut, Gunalfi mengatakan berdasarkan Prakirawan BMKG Sumsel, prediksi adanya terjadi curah hujan dan potensi banjir dibulan januari 2021. 

"Tapi cuaca suatu saat bsa berubah-berubah karena banyak indikator yang bisa menyebabkan terjadinya cuaca ekstrem itu sendiri," lanjutnya.

Gunalfi mengingatkan sebagai peringatan dini untuk masyarakat yang tinggal di daerah yang berpotensi terjadi bencana agar tetap selalu waspada dan siap siaga. 

"Waspada Banjir dan Tanah Longsor, Angin Kencang atau Puting Beliung, dan Pohon tumbang. Dihimbau apabila terjadi bencana hilangkan rasa panik yang berlebih. Segera mengungsi ketempat yang lebih aman.

Jangan lupa selalu siap Tas Siaga Bencana yang berisikan kebutuhan-kebutuhan pokok  sementara seperti makanan, sandang dan kotak P3K, serta surat-surat dan dokumen-dokumen penting lainnya. Mengaktifkan atau membunyikan tanda peringatan dini bahwa di wilayah tersebut sedang terjadi bencana seperti serine, gentongan dan lainnya. Melaporkan kejadian bencana tersebut kepada instansi terkait, bisa melalui via komunikasi dan media-media komunikasi lainnya. Apabila masyarakat yang sedang melakukan aktifitas di luar jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan seperti jas hujan dan lainnya. Apabila terjadi hujan disertai angin kencang jangan berlindung di bawah pohon atau bangunan yang sudah rapuh karena itu sangat berisiko untuk keselamatan kita," jelasnya.


(Dn)

No comments

Powered by Blogger.