BLK OKU Buka PBK 2021


Baturaja,liputansumsel.com – UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) OKU yang terletak di Jalan Ahmad Yani KM 4,5 Kemelak membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) untuk tahun 2021. 

Melalui pantauan media ini di Facebook milik BLK OKU, Pendaftaran PBK sudah dimulai sejak tanggal 4 Januari lalu, dan berakhir hingga tanggal 18 Januari 2021. 


Dihubungi via WAnya Jum’at siang lalu (8/1), Kepala Disnaker OKU Ilhamudin, SH membenarkan jika UPTD BLK OKU membuka PBK tahun 2021, dan pengumumannya bisa dilihat di Facebook BLK OKU.

“Iya benar, kalau BLK OKU buka pelatihan kerja untuk tahun 2021 ini, dengan menggunakan alokasi dana dari APBN. Pengumumannya bisa dilihat di FB resmi BLK OKU. Prosedur pendaftarannya sama dengan tahun kemarin, secara online lewat situs resmi Kemenaker RI,” ujarnya singkat.


Ilhamudin mengharapkan dengan adanya PBK Tahun 2021 dapat mencipptakan lulusan yang terampil dan siap pakai. Terpenting juga mengurangi pengangguran, menciptakan lapangan kerja baru, serta pada akhirnya meningkatkan ekonomi masyarakat. 

 

Hal yang sama juga disampaikan Kepala BLK OKU Farizal Chandra, SP saat dihubungi via telepon selulernya Jum’at sore lalu (8/1).

“Kami dapat instruksi dari Kemnaker RI untuk membuka PBK lagi di tahun 2021 ini. Pendaftaran dibuka dari tanggal 4 -18 Januari, pada tanggal 19 Januarinya untuk pemberkasan. Pendaftaran sama dengan sebelumnya, melalui online Kemnaker RI yaitu http://pelatihan.kemnaker.go.id/ atau bisa lewat aplikasi Sisnaker yang bisa didownload lewat Playstore. Ada tujuh kejuruan yang dibuka yakni ; Teknik Las/Pengelasan SMAW Posisi 1G, Teknik Otomotif/Teknisi Sepeda Motor, Teknik Listrik/Teknisi Listrik, Teknik Elektronika atau Audio Video, Garmen Apparel/Menjahit Pakaian Dengan Mesin, Processing/Pembuatan Roti dan Kue, dan Tata Kecantikan/Kecantikan Rambut. Jumlah peserta per-kejuruan sebanyak 16 orang. Jadwal pelatihan paling lama untuk Kejuruan Teknik Otomotif/Teknisi Sepeda Motor,” terang pria berkacamata ini.    


Lebih lanjut, Parizal mengatakan pendaftaran PBK tidak dipunggut biaya alias gratis, dengan persyaratan ; Laki-laki/Perempuan dengan batas usia maksimal 35 tahun, Fotocopy Ijazah Terakhir dan Fotocopy KTP sebanyak 4 lembar, Pas Photo ukuran 3x4 dengan latar merah dan map biola sebanyak empat lembar, sehat jasmani dan rohani, serta melampirkan hasil pendaftaran online.

“Bagi yang berminat, silahkan mendaftar lewat online di websitenya Kemnaker RI, kemudian para pendaftar akan diseleksi. Demi mengikuti protokol kesehatan, para  calon peserta tidak perlu datang ke kantor BLK OKU, kami hanya melayani via telepon atau FB. Bagi yang lolos saja yang akan dipanggil untuk menyerahkan berkas pendaftaran ke BLK OKU, dan wajib memakai masker. Para peserta PBK nantinya akan mendapatkan fasilitas berupa ; pakaian peserta, makanan, uang transport, sertifikat pelatihan dan sertifikat BNSP,” lanjutnya.


Ditanya soal jadwal kapan PBK Tahun 2021 akan dimulai, Parizal menjawab belum tahu pasti, masih menunggu informasi dari pusat. 

“Jadwal Pelaksanaan PBK Tahun 2020 kemarin sempat tertunda, kemudian lanjut lagi akibat Pandemi Covid-19. Adapun untuk PBK tahun 2021 ini,  jadwal pelaksanaanya kami masih menunggu petunjuk dulu dari pusat, menginggat kita masih waspada Covid-19,” jawabnya.


Parizal menambahkan adanya PBK Tahun 2021 bertujuan dapat menciptakan tenaga yang terampil di masing-masing jurusan.

“Setelah mengikuti PBK ini, diharapkan nantinya dapat terjun ke dunia kerja, memiliki keterampilan atau skill, bahkan diharapkan juga bisa ke dunia wirausaha,” pungkasnya.


(Duan)

No comments

Powered by Blogger.