Gerak Cepat Pembangunan Jalan Tol, Muba Sosialisasi Pengadaan Tanah


BABAT SUPAT, liputansumsel.com--- Gerak cepat, hari kedua masuk kerja tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin langsung turun kelapangan untuk mensosialisasikan pengadaan tanah pembangunan Jalan Tol Betung - Tempino - Jambi yang melintas Kabupaten Muba.


Sosialisasi kepada masyarakat ini dilakukan Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi bersama dari PPK Jalan Tol Kementerian PU PR Bayumi, PT Hutama Karya Hasan, dan jajaran Pemerintah Kabupaten Muba, untuk pembangunan jalan tol dalam wilayah kecamatan Lais dan Babat Supat, di Balai Desa Babat Kecamatan Babat Supat, Selasa (5/1/2021).


Dalam kegiatan tersebut Sekda Muba meminta dukungan dan kerjasama masyarakat terkait pembangunan jalan Tol Trans Sumatera yang dilaksanakan oleh Kementerian PU PR di Kabupaten Muba.


"Kita harus Kerjasama, harus kita dukung, agar jalan tol ini berhasil di bangun di Muba," ujar Sekda.


Mengenai ganti rugi tanah masyarakat yang dilintasi, ia menjelaskan nanti akan ada lembaga berwenang menentukan nilainya yakni Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).


"Kami sosialisasi sampai dengan tanggal 12 Januari, tanggal 14 Januari kita di panggil Presiden melalui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko tentang progresnya. Pada prinsipnya kami tim ini akan berada di tengah-tengah, masyarakat dan pihak pelaksana pembangunan jalan tol," kata Apriyadi.


PPK Jalan Tol Kementerian PU PR Bayumi, mengatakan setelah sosialisasi akan dilakukan tahapan pengukuran kemudian musyawarah dengan masyarakat dan selanjutnya penentuan nilai ganti rugi tanah oleh KJPP.


"Tahapan penetapan lokasi baru pelaksanaan, yang targetkan 2022 sudah mulai berjalan," kata Bayumi.


Hasan dari PT Hutama Karya mengungkapkan pihaknya adalah penerima penugasan sebagai pemrakarsa pembangunan jalan tol Trans Sumatera dari Bakahuni - Banda Aceh


"Pembangunan jalan tol ini untuk mengebangkan perekonomian tahun 2024 Bakahuni-Banda Aceh InshaAllah tersambung," ucapnya.


Sementara Kepala Desa Tanjung Kerang mengungkapkan pemerintah desa sangat mendukung dalam pelaksanaan pembangunan jalan tol tersebut, namun dalam pelaksanaan ia berharap masyarakat setempat dapat turut diberdayakan.


"Tolong berdayakan pekerja dari desa kami, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat juga. Selain itu kami minta dibuatkan pintu jalan tol, di Desa Tanjung Kerang," tandasnya.


Turut hadir Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH, Kepala Bappeda Muba Drs Iskandar Syahrianto, Kadis PU PR Herman Mayori, Kadishub Muba H Pathi Ridwan, Ka DLH Andi Wijaya Busro, dan Plt Kadisbun Muba Ahmad Toyibir, Camat Tungkal Jaya Rio Aditya SIP MSi, Camat Lais Demon Hardian.

No comments

Powered by Blogger.