Update COVID-19 Kota Prabumulih Per 24 Desember 2020, Bertambah 2 kasus positif


PRABUMULIH
,liputansumsel.
com-- Ada penambahan 2 kasus positif COVID-19 per 24 Desember 2020," Adapun penambahan 2 kasus positif yakni diantaranya dari wilayah kecamatan Prabumulih Timur dan Prabumulih Utara. 

Total kasus konfirmasi di Kota Prabumulih  terhitung sejak Maret sampai 24 Desember sebanyak 444 kasus dengan rincian 363 sembuh, 38 masih perawatan,  32 isolasi mandiri dan 21 meninggal dunia. 

Sementara itu, total Suspek sampai saat ini 991 orang sisa dalam pemantauan aktif saat ini sebanyak 88 orang serta Kontak erat 1338 orang , sisa yang masih dipantau 21 orang.

Adapun kegiatan2 yang sudah dan sedang dilakukan diantaranya

1. Tracing kontak dilakukan setiap kasus konfirmasi dan suspect baik dari data RS maupun Puskesmas

2. Testing setiap kasus suspek atau pasien yg bergejala  menurut buku Pedoman Kemenkes Revisi ke 5 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 yaitu pemeriksaan RT PCR Kota Prabumulih.

Serius dalam melakukan kegiatan Testing mengikuti standar yg ditetapkan Nasional dan Provinsi yaitu per 24 Desember 2020 berjumlah 444 sampel dengan 6.28% dilakukan pemeriksaan diatas Nasioal 3.5% dan Provinsi 5.4% 

3. Treatmen telah dilakukan oleh Tim Covid 19 di Seluruh RS dan Puskesmas serta PSC 119 yaitu baik penanganan yang komprehensif di Puskesmas, pelayanan langsung ke rumah sampai perawatan di RS serta pengawasan bagi pasien konfirm +, suspect dan kontak erat data per 24 Desember terdapat isolasi mandiri 22 orang 38 orang dirawat  di RS

4. Dilakukan edukasi kepada masyarakat  tentang protokol kesehatan mulai dari penerapan 3M memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun, mencuci tangan pakai sabun  dengan air mengalir.

Di setiap kegiatan di tengah masyarakat baik oleh Dinkes /puskesmas melalui kegiatan pembagian masker dan penyuluhan keliling, pembinaan kader2 kesehatan, pembinaan di sekolah untuk persiapan tatap muka, koordinasi yang intensif dengab lintas sektoral, penyuluhan terhadap pelaku2 usaha dalamm kepatuhan protokol kesehatan dan lain lainnya.

5. pemenuhan kelengkapan Nakes (Tenaga Kesehatan) terhadap penanganan Covid-19 mulai dari APD yang lengkap sesuai level  standar  penanganan , peningkatan kemampuan Nakes dlm penanganan melalui pelatihan2, pemenuhan kebutuha obat serta multi vitamin.

6. mengoptimalkan serta terus berkoordinasi jg evaluasi dalam gerak langkah bersama Satgas Covid-19 di Kota Prabumulih dlm pencegahan dan  penanganan wabah tsb.

diantaranya kegiatan Yustisi dan non Yustisi dalam penerapan perwako tentang protokol kesehatan, pembinaan dan pengawasan protokol kesehatan yg ketat dalam rekomendasi izin kegiatan yg melibatkan banyak orang. dll

(Rilis dr.Happy Tejo Ka Dinkes Kota Prabumulih)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.