Header Ads


 





Hujan Deras, Warga Bungur Sukajadi Was-Was Banjir


Baturaja,liputansumsel.com - Hujan deras yang turun pada bulan Januari dan Februari ini terutama pada Selasa malam Rabu (9/2) telah membuat warga Bungur, Sukajadi resah.

Keresahan ini disebab rasa was-was jika hujan deras itu akan mengakibatkan banjir seperti yang pernah terjadi beberapa kali sebelumnya.


Salah satu warga Bungur, Sukajadi Dina mengungkapkan setiap adanya hujan deras, ia selalu khawatir kalau terjadi banjir di kawasan tempat tinggalnya.

"Pokoknya kalau hujan derasnya berlangsung lama sekitar satu jam dan terjadi hampir setiap hari dalam seminggu dipastikan wilayah Bungur akan mengalami kebanjiran. Kami sekeluarga bersama warga lainnya sudah sering mengalami itu, terakhir pada tahun kemarin. Tapi saya lupa tanggal dan bulannya. Air masuk ke rumah hingga 10 cm, sementara dijalan kemungkinan sekitar 30-40 cm," ungkapnya.


Dina menambahkan banjir terjadi kemungkinan karena siring atau selokan yang ada tidak bisa menampung air hujan. Apalagi ditambah kiriman air yang meluap datang dari kawasan tetangga.

"Kawasan kami tinggal posisi tanahnya agak rendah, jadi air yang datang dari dataran tinggi di kawasan tetangga hampir semuanya mengalir kemari. Siring mungkin juga banyak juga yang sudah tersumbat dan rusak. Ditambah lagi sudah banyak bangunan rumah dan gedung. Jadi banjir terjadi disini merupakan arus air yang numpang lewat tapi terhambat," imbuhnya.


Warga lainnya, Kadi, Jauhari dan Edi juga mengungkapkan jika siring di kawasan Bungur, Sukajadi banyak yang tersumbat, dangkal dan rusak sehingga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir.


Sementara itu kepada media ini pada Selasa malam Rabu (9/2), Gunalfi dari Pusdal Ops BPBD OKU melaporkan Update Peringatan Dini Cuaca Sumsel untuk Tanggal 9 Februari 2021 pukul 18.15 WIB, masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang pada pukul 18.45 WIB di wilayah Kabupaten OKU untuk kawasan ; Muara Jaya, Pengadonan, Baturaja Barat, dan Baturaja Timur.


(Duan)

No comments

Powered by Blogger.