Rentak Kelapa, Program Teranyar Disduk Capil Mulai Dirasakan Warga


Indralaya.liputansumsel.com--Untuk memberikan pelayanan prima administrasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat Ogan Ilir, berbagai program inovasi telah dilakukan oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (disdukcapil) Ogan Ilir.


Yang teranyar adalah “Rentak Kelapa” Rekam Cetak Dokumen Kependudukan Lansia Menggapai Bahagia. Program jemput bola dengan mendatagi langsung ke desa menindaklanjuti laporan kepala desa. Langkah dinas dukcapil Ogan Ilir dilakukan untuk mempermudah masyarakat sakit, lansia dan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang tidak bisa melakukan perekaman di kantor Disdukcapil OI ataupun kantor camat setempat.


Kepala Dinas Disdukcapil Ogan Ilir Akhmad Lutfi mengungkapkan program ini memberikan akses kemudahan bagi masyarakat, yang mana petugas langsung mendatangi kerumah-rumah warga yang sakit, lansia ataupun OGDJ.


“Salah satu inovasi layanan administrasi kependudukan Dinas Dukcapil Ogan Ilir yakni jemput bola perekaman ke rumah-rumah bagi masyarakat lansia, sakit, dan ODGJ bekerja sama dengan kepala desa setempat,”ungkap Lutfi, Senin (22/3).


Program ini sudah dilaksanakan dibeberapa tempat lanjut Kepala Dinas Disdukcapil Akhmad Lutfi, dan program ini bekerjasama dengan camat dan kepala desa untuk mendata masyarakat lansia, sakit atau OGDJ, setelah mendapatkan laporan ditindaklanjuti oleh petugas dengan membawa alat perekam ke desa yang melapor.


“Sudah kita laksanakan di beberapa tempat antara lain Desa Seri Bandung dan Desa Seri Tanjung Kecamatan Tanjung Batu ,”bebernya.


Kepala Dinas Dukcapil berharap dukungan dari semua pihak dan peran aktif camat dan kepala desa sangatlah penting, pasalnya yang mengetahui masyarakat secara dekat yakni kepala desa dan perangkat.


“Saya berharap program ini didukung semua pihak dan bagi masyarakat yang memiliki keluarga lansia, sakit OGDJ belum melakukan perekaman, silakan melapor kepada kepala desa setempat,” harapnya.(rul)

No comments

Powered by Blogger.