Ribuan Ton Eceng gondok Robohkan Jembatan Srigeni OKI


 OKI,LiputanSumSel.Com - Jembatan penghubung Desa Srigeni, Kecamatan Kayuagung Ogan Komering Ilir (OKI) putus. Hal itu terjadi akibat tingginya intensitas hujan dan timbunan enceng gondok hingga diduga jadi penyebab putusnya jembatan dengan konstruksi besi tersebut.


Jembatan besi sepanjang 110 meter itu merupakan akses warga antar kampung di Desa Serigeni dan bukan merupakan akses jalan lalu lintas utama. Jalur yang terputus sekitar 35 meter sejak Kamis (25/3) pagi tadi. Melihat hal itu, jajaran Dinas PU dibantu warga sekitar sigap mengevakuasi jembatan agar tidak membahayakan penduduk sekitar.


“Akibat derasnya debit air, ditambah beban timbunan rumput dan enceng gondok hingga besi penahan jembatan tidak kuat. Kita segera melakukan perbaikan melalui dana pemeliharaan” ungkap Kepala Dinas PU PR OKI, Ir. H. Hafidz, MM.


Hafidz mengungkapkan telah mengantisipasi timbunan enceng gondok yang kerap dibuang di perairan Sungai Komering dengan membangun konstruksi penahan enceng gondok pada tahun ini. “Enceng gondok dan rumput yang dialirkan ke Sungai Komering ini sangat mengganggu dan merugikan, apalagi saat debit air sungai naik akibat curah hujan tinggi. Kita sedang mengupayakan antisipasinya dengan membangun konstruksi penahan di Kelurahan Jua-Jua tahun ini juga,” tegas Hafidz.(PD)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.