Gubernur Sumsel Dukung Pembangunan Pulau Kemaro


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Pembangunan Pulau Kemaro jalan terus. Dibantu Pemprov Sumsel, Pemerintah Kota Palembang akan membangun arena bermain pasir. 


Hal itu diungkapkan Wali Kota Palembang H Harnojoyo, saat mendampingi Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengunjungi Pulau Kemaro, Senin (19/4/2021).


“Saya sudah sampaikan ke Gubernur, meminta bantuan untuk mempercepat destinasi wisata baru di lahan baru dengan total 90 hektare,” kata Harnojoyo.


Untuk tahap awal, lanjut dia, akan dibangun wahana bermain pasir seperti di pantai seluas 300 X100 meter. 


“Ini akan menarik terutama untuk tempat bermain anak-anak," katanya.


Menurutnya Harnojoyo, saat ini lahan yang sudah clear seluas 30 hektare. 


Pemkot Palembang juga terus membersihkan serta mempercantik area sekitar bungalow Pulau Kemaro. Juga menyiapkan sejumlah fasilitas penunjang, untuk menarik minat investor. 


"Sekarang baru ada 10 bungalow, tidak cukup bila kawasan ini dijadikan seperti Ancol. Maka perlu wahana rekreasi, meeting room, resepsionis, dan lainnya sehingga menjadi resort yang nyaman bagi pengunjung. Investor sudah banyak yang tertarik, tapi belum ada yang deal," kata Harnojoyo


Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, mengatakan, mewujudkan destinasi wisata Pulau Kemaro perlu dukungan semua pihak. 


Pihaknya setuju akan membantu pembangunan. Tak hanya itu, Bank Sumsel Babel pun bersedia membantu membangun atap area tunggu.


"Tempat ini terhubung dengan Pagoda Pulau Kemaro. Saya mendukung menjadi tempat wisata pantai, olahraga, dan tempat pertemuan," ujar Deru. 


Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari, mengatakan, pihaknya terus membersihkan area Pulau Kemaro yang jadi destinasi wisata. 


Selain membersihkan lahan, pembuatan tanggul juga sudah hampir rampung.


"Pembuatan tanggul sepanjang 650 meter sudah 350 meter. Hampir selesai," ujar Bastari. (Rl/Al)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.