Inovasi Vaksinasi Door to Door Polres Muara Enim


Muara Enim, Liputansumsel.com --Dalam rangka mempercepat vaksinasi di wilayah Kabupaten Muara Enim serta menindak lanjuti program 100 hari prioritas Kapolri yang salah satunya percepatan vaksinasi yang mana hari ini memasuki tahapan untuk untuk lansia dan disabilitas, Jumat (9/04/2021). 


Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar SIK membuat gagasan inovasi tentang layanan percepatan vaksinasi dalam membantu dinas kesehatan Kabupaten Muara Enim untuk melaksanakan vaksinasi kepada warga lansia dan disabilitas. 


Kemudian, Kapolres Muara Enim memerintahkan Waka Polres Muara Enim Kompol Agung Adhitya P SH SIK MH membentuk tim kreasi inovasi layanan  door to door bagi peserta lansia dan disabilitas yang jauh dari fasilitas kesehatan dan puskesmas yang di sebut dengan Inovasi Vasdoor (Vaksinasi Door to Door). 


Pada hari Jumat tanggal 09 April 2021 pukul 07.00 Wib, Kapolres Muara Enim melepas team Vasdoor serta ikut langsung dalam kegiatan tersebut dengan menaikin Bus Vasdoor menuju Desa Tegal Rejo dan Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim, yang diiringi mobil penyuluhan SatBinmas dan Ambulan Polres Muara Enim serta dikawal ketat oleh SatLantas Polres Muara Enim. 


Turut serta dalam kegiatan tersebut Kasat Binmas AKP Gultom, Kasat Lantas AKP Desi SH MH, Kasat Intelkam AKP Aan Sumardi, Kasubbag Humas Iptu RTM. Situmorang dan Urkes Polres Muara Enim serta personil team Vasdoor. 


Lebih lanjut, sesampainya di Desa Tegal Rejo disana telah menunggu Kapolsek Lawang Kidul, Iptu Desi Azhari SH MSi dan Personil Sat Sabhara Polres Muara yang sedang melakukan penyemprotan di lokasi parkir bus Vasdoor untuk kegiatan vaksinasi. 


Turut hadir dalam pelaksanaan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Selamat Oku Asmana SKM M Kes, Kepala Puskesmas Tanjung Enim, Ahmad Gani SKM beserta petugas Dinas Kesehatan lainnya. 


Disisi lain, Urkes Polres Muara Enim mendirikan tenda mini untuk para peserta yang akan di vaksin, dan Kasat Lantas beserta personilnya melakukan giat kampanye prokes dengan membagikan masker kepada pengendara yang lewat di lokasi tersebut yang tidak menggunakan masker. 


Kemudian, badut mang cek dan bik cek Polres Muara Enim menghibur warga yang hadir disekitar lokasi Vasdoor tersebut. 


Sebelum dimulai pelaksanaan Kasat lantas, Kasat Intel dan Kasubbag Humas membagikan sarapan pagi untuk para peserta yang hadir, setelah sarapan kemudian peserta melakukan pendaftaran, selanjutnya peserta diperiksa kesehatan fisik sederhana sebelum peserta diberi vaksinasi. 


Setelah peserta dinyatakan bisa divaksin oleh hasil pemeriksaan tersebut kemudian peserta diberi vaksin, kemudian peserta di minta menunggu selama 30 menit sambil di hibur badut mang cek bicek mang pedeka Polres Muara Enim.  


Lalu, pelaksanaan kegiatan Vasdoor di Desa Tegal Rejo sebanyak 10 peserta dari lansia dan selanjutnya kegiatan di lanjutkan ke Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul dengan peserta sebanyak 10 orang dari lansia dan setelah pelaksanaan vaksinasi tersebut kemudian Kapolres Muara Enim membagikan sembako kepada para peserta vaksin. 


Polres Muara Enim membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim untuk melaksanakan vaksinasi kepada lansia dan disabilitas, karena lansia dan disabilitas punya keterbatasan untuk mendatangi fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas mungkin jauh mungkin tidak ada yang mengantar," ungkap AKBP Danny Sianipar saat di tanyai awak media yang sedang meliput kegiatan tersebut. 


Akhirnya kami melakukan Inovasi Vasdoor (Vaksinasi Door to Door) dengan mendatangi desa-desa yang jauh dari Fasilitas kesehatan atau puskesmas, dengan dibantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa membawa warga lansia ini ke tempat lokasi Vasdoor yang telah kita tentukan," ujar AKBP Danny Sianipar.

No comments

Powered by Blogger.