110 Balon Wali Nagari Akan Bertarung di Pilwana Pessel.


Padang, Painan, Liputansumsel.com– Pelaksanaan Pemilihan Wali nagari Pilwana, serentak di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) segera dilaksanakan setelah lebaran Idulfitri.


Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pessel, Wendi mengatakan, sebelum Pilwana digelar para calon wali nagari harus mengikuti Tes Kompetensi Dasar, TKD.


Sebagai Ketua Pilwana Tingkat Kabupaten, Wendi menyampaikan, TKD akan dilangsungkan pada Selasa 18/5/ 2021, dengan jumlah kandidat sebanyak 110 orang.


“18 Mei Selesa depan, 110 orang Bakal Calon (Balon) Wali nagari se-Pesisir Selatan akan mengikuti Tes TKD. TKD ini dilakukan untuk menyeleksi Balon yang lebih dari 5 orang,” jelas Wendi, Minggu  16/5/2021.


Dijelaskan, TKD dilakukan oleh salah satu lembaga PTN Padang, yang teruji integritas dan kapabilitasnya sebagai lembaga bekerja secara profesional.


“Oleh karena itu, tidak ada yang bisa membantu untuk diluluskan kecuali kemampuan dirinya sendiri menjawab soal-soal yang diajukan,”katanya.


Lanjut dia, kisi-kisi soal terdiri dari, Pancasila, UUD, Pengetahuan tentang Pemerintahan Desa/Nagari, Pengetahuan Umum dan pengetahuan tentang adat.


“Kami meyakini, bahwa dengan cara-cara yang baik, terukur dan jujur maka dihasilkan wali nagari yang memiliki kapasitas yang memadai untuk berkompetisi pada Pilwana 8 Juni 2021,” ucapnya.


Dari 15 Kecamatan dan 182 jumlah nagari di Pessel, ada 31 nagari, 13 kecamatan yang akan memilih pemimpin terdepan itu, dan diperkirakan jumlah pemilihnya sekitar 75.000 wajib pilih.


“Mari kita bangun demokrasi tingkat nagari dengan semangat kekeluargaan dan badunsanak,”harapnya. (EL).

No comments

Powered by Blogger.