Desa Matas Menggelar Pembekalan POKJA SDGs Tahun 2021, Berikut Uraiannya !


Muara Enim, Liputansumsel.com--Relawan untuk pemutakhiran data SDGs Desa dan peningkatan kualitas Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2021 Desa Matas Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. 


Maksud pendataan SDGs Desa ialah mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data. 


Tujuan pendataan SDGs Desa ialah menyusun Kelompok Kerja (POKJA) relawan pembangunan desa, pemutakhiran data pada level desa, rukun tetangga, keluarga serta warga, kemudian menganalisis data sesuai kaidah SDGs desa, merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis SDGs desa. 


Pihak yang terlibat dalam pemutakhiran  data SDGs desa adalah kelompok kerja relawan pendataan desa, pemerintah Kabupaten/Kota, pemerintah daerah Provinsi, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi. 


Dengan merujuk Permen Desa PDTT No 21/2020, Pokja relawan pendataan mencakup Kepala Desa sebagai Pembina, Sekretaris Desa sebagai Ketua, Kasi Pemerintahan Desa sebagai Sekretaris dan anggota terdiri dari Unsur Perangkat Desa, Ketua RW/RT, Unsur Karang Taruna, unsur PKK dan unsur masyarakat lainnya yang bersedia menjadi relawan pendata. Kemudian yang menjadi mitranya Pendamping Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Mahasiswa yang ada di Desa. 


Suryadi perwakilan dari DPMD menjelaskan, SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan, kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan, Selasa Pagi (4/5/2021) di Kantor Desa Matas. 


Disisi lain Mulyadi selaku Kepala Desa (Kades) berharap, dengan diadakan pelatihan SDGs ini akan mampu menpercepat kegiatan pendataan masyarakat berdasarkan jumlah Kepala Keluarga (KK) masyarakat miskin, menengah, kaya dan masyarakat yg telah menerima bantuan-bantuan baik melalui kementerian sosial, dinas sosial, pemerintah maupun swasta sehingga hasil pendataan tersebut tidak terjadi lagi tumpang tidih data karena selain pendataan melalui aplikasi SDGs, para tim pendata langsung mendata secara Door to Door ke masyarakat," tuturnya, Rabu (5/5/2021) via whatsapp pribadinya. 


Ada pun para peserta kegiatan diantaranya perangkat desa, kadus dan RT dalam kegiatan tersebut para peserta mendapatkan akomodasi dari pihak penyelengara kegiatan berupa tas, baju, atk, name tag serta penganti transport bagi yg di luar maupun dalam desa sendiri dan modul SDGs," terang Mulyadi. 


Kegiatan tersebut didanai dari APBDes Perubahan mendatang, yang dianggarkan melalui Dana Desa Tahun 2021 dan pendataan tersebut akan dilaksanakan mulai akhir bulan Mei tahun ini oleh tim relawan disetiap desa," imbuhnya. 


Turut hadir dalam acara tersebut yaitu narasumber pihak Kecamatan Tanjung Agung Kasi PMD Efendi, Suryadi DPMD, Usman Gumanti PLD, Pihak Pendamping Desa Nyoman dan mama Dede Lany. Acara berlangsung diikuti 5 desa yg bertempat di SD Negeri15 Desa Matas.

No comments

Powered by Blogger.