Palembang Terpilih Sebagai Kota Satelit


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Palembang terpilih sebagai salah satu dari 20 Kota Satelit di Indonesia dengan angka Indeks Literasi Digital 3,53.


Hal ini berdasarkan Survei Status Literasi Digital Indonesia tahun 2020 oleh Katadata Insight Center dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI. 


"Terpilihnya Palembang sebagai Kota Satelit diharapkan dapat mendukung visi Bapak Presiden Joko Widodo dengan program pembangunan sumber daya manusia talenta digital,” kata Wali Kota Palembang,  H Harnojoyo melalui Asisten I Bidang Pemerintahan, Faizal AR, di acara Kegiatan Literasi Digital dengan Tema "Indonesia Makin Cakap Digital bersama Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI", di Hotel Novotel, Palembang, Kamis (20/5/2021). 


Ia mengatakan, teknologi informasi dan komunikasi dibutuhkan untuk mempercepat transformasi digital serta mempermudah akses dan pelayanan kepada masyarakat.


Adapun literasi digital, kata Faizal, berfungsi meningkatkan kemampuan kognitif sumber daya manusia agar tidak hanya terampil mengoperasikan gawai, tetapi juga meningkatkan partisipasi digital masyarakat. 


Juga mampu mendorong pengembangan ilmu pengetahuan masyarakat di bidang teknologi informasi komunikasi dan digital, serta mendorong tingkat kecakapan transformasi digital dalam pemanfaatan teknologi baru.


“Alhamdulilah Kota Palembang sudah melakukan transformasi digital di antaranya dengan membangun jaringan fiber optik di seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan Unit Pelaksana Teknis layanan publik seperti pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan lainnya,” ujar Faizal. 


Diketahui, peluncuran program Literasi Digital Nasional secara serentak dilaksanakan di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota. (Rl/Al)

No comments

Powered by Blogger.