Wawako Palembang Imbau Warga Dapat Memamfaatkan Kartu Indonesia Sehat


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Keberadaan Kartu Indonesia Sehat (KIS) sangat dirasakan bermanfaat bagi masyarakat untuk layanan kesehatan. 


Untuk itu, Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengimbau masyarakat dapat memanfaatkan KIS. 


Hal ini diungkapkannya usai mengunjungi salah satu warga yang sakit, Nurhayati, di Perumahan Griya Revari Indah, Blok C5 No 1, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-alang Lebar (AAL), Selasa (25/5/2021).


Ia menyebutkan, hingga saat ini masyarakat yang telah memiliki KIS sudah 96 persen. 


"Baik memiliki layanan kesehatan secara mandiri yang dicover oleh BPJS Kesehatan, maupun ditanggung oleh perusahaan. Sebetulnya, hanya 4 persen saja masyarakat yang tidak mampu yang saat ini kita percepat pembuatan KIS nya," ujar Fitrianti. 


Ia mengimbau masyarakat dapat melapor ke camat dan lurah setempat agar mendapatkan KIS. Syaratnya, hanya sertakan KTP kemudian yang menyatakan masyarakat tidak mampu, maka, pemerintah kota (Pemkot) akan menanggung semua biaya pengobatan warga tersebut tanpa dipungut biaya. 


"Makanya, kita terus menyisir masyarakat yang masih belum menerima KIS agar dapat KIS, supaya dapat pelayanam kesehatan secara gratis," katanya. 


Fitrianti melanjutkan, dari 4% warga yang belum menerima KIS, ini terkendala karena masyarakat banyak yang tidak paham bagaimana cara mengurusnya.


"Untuk itu saya tekankan sekali lagi, agar masyarakat Kota Palembang dapat melapor ke RT, lurah camat setempat jika masih ada yang belum dapat kartu KIS tersebut"


Untuk ibu Nurhayati, kata Fitrianti, saat ini sudah memiliki BPJS kesehatan secara mandiri dan sudah dirawat di RS. 


"Ibu Nurhayati ini merupakan istri dari salah seorang jurnalis. Sebagai mitra kami, Pemkot peduli akan kesehatannya. Ibu Nurhayati ini didiagnosa oleh dokter sakit Kanker, namun sudah mendapatkan layanan kesehatan, tapi kami siap untuk mendampingi  ibu Nurhayati, karena kita memiliki RS Bari yang dapat memberikan pelayanan kesehatan dengan baik," demikian Fitrianti. (Rl/Al)

No comments

Powered by Blogger.