Serda Galuh Setiawan menyiapkan Paparan Untuk Penyuluhan Bela Negara Desa Sentangau Jaya

BENGKAYANG –liputansumsel.com--Anggota Satgas TMMD Ke 111 kodim/1202 Singkawang, Serda Galuh Setiawan menyiapkan materi untuk penyuluhan Bela negara dan Wawasan Kebangsaan kepada warga masyarakat Desa Sentangau Jaya Jalan Trans Segorong Kecamatan Seluas Kab Bengkayang.

Kegiatan tersebut merupakan salah sasaran non fisik program TMMD yang diberikan kepada masyarakat. Dengan pemberian materi ini diharapan para masyarakat mampu mengambil nilai-nilai, tujuan dan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan belanegara agar sebagai generasi penerus bangsa, mereka mampu mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, mampu melestarikan budaya, menjalankan Nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 serta mampu menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara.
 
Menurut Serda Galuh Setiawan, Wawasan kebangsaan ini sangat penting sebagai modal generasi muda untuk menghadapi masa depan yang semakin berkembang tanpa menghilangkan rasa kegotong royongan maupun tekad mempertahankan keutuhan bangsanya.

Demikian pula dalam kehidupan bermasyarakat, hendaknya menjunjung tinggi sikap saling menghormati dan menghargai, tertib sehat di lingkungan serta menghayati ajaran agama dan kasih sayang antar sesama dalam upaya mengisi kemerdekaan.

“Mengisi kemerdekaan bukan berarti kita harus menjadi tentara atau lainnya akan tetapi sebagai warga negara adalah kewajiban supaya negara kita tetap utuh dan semangat ini harus terus kita sampaikan kepada anak-anak kita karena banyak diantara mereka sudah agak luntur rasa bela negaranya,” jelas Anggota Satgas TMMD tersebut.

Menurutnya, era globalisasi dan kemajuan sekarang tentunya banyak tantangan yang dihadapi. Tidak hanya upaya memecah belah bangsa saja namun berbagai persoalan tindak kejahatan dan kriminalitas lainnya harus dihindari termasuk masalah narkoba dan lainnya. Untuk itu pembinaan dan pembekalan wawasan kebangsaan sangat penting guna menangkal semua itu.

“Sebagai anak bangsa kita jangan sekali kali melupakan sejarah, dan melalui materi ini diharapkan sebagai generasi bangsa, kita tergugah untuk terus mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif,” Pungkasnya. (Pendim 1202/Skw)

No comments

Powered by Blogger.