Pemkot Palembang Berencana Tambah Satu Hektare Lahan Pemakaman Khusus Covid-19


Palembang, Liputan Sumsel. Com- Pemerintah Kota Palembang berencana menambah areal pemakaman seluas 1 hektare khusus pasien Covid-19 di kawasan TPU Gandus Hill. 


Ini sebagai antisipasi apabila lahan seluas dua hektare yang telah digunakan sejak Mei 2020 kemarin penuh.


Kepala Dinas PRKP Kota Palembang, Affan Prapanca Mahali, mengatakan, saat ini keterisian lahan tersebut sudah 70 persen terhitung sejak pandemi Covid19. 


"Untuk lahan Covid-19 TPU Gandus pada tahap awal disiapkan seluas 2 hektare. Namun dalam waktu dekat akan disiapkan lagi penambahan untuk areal baru sekitar satu hektar, lokasinya masih di TPU Gandus Hill. Total keseluruhan lahan yang kita punya adalah 5 hektare," ujar Affan. 


Ia menyebutkan, saat ini pasien Covid-19 yang dimakamkan sesuai permintaan pihak rumah sakit yang ada di wilayah Kota Palembang. 


"Ada juga yang dari luar minta dimakamkan di Palembang, saat di rawat mungkin dari RS di luar Palembang namun untuk pemakaman permintaannya di Palembang. Kita tetap akan terima," kata Affan. 


Sementara itu, untuk petugas penggali lubang makam ada empat orang dan dua cadangan, siaga di lokasi.


Dalam sehari, kini petugas bisa menggali sekitar 1-6 lubang untuk pasien Covid-19. 


"Jumlahnya yang dimakamkan fluktuatif. Untuk upah telah dibayarkan sesuai dengan jumlah lubang yang digali," kata Affan. 


Sementara itu, Wali Kota Palembang, H Harnojoyo, mengatakan telah menginstruksikan dinas terkait untuk land clearing atau pembersihan lahan bakal penambahan areal pemakaman pasien Covid-19. 


"Karena masih banyak semak belukar jadi harus dibersihkan baru bisa diratakan." (Rl/Al)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.