Walikota Palembang Lantik Kepengurusan Baznas


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Wali Kota Palembang H Harnojoyo, Kamis (12/8/2021) di rumah dinasnya, secara langsung melantik M Ridwan sebagai Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang, periode 2021-2026.


M Ridwan menggantikan ketua Baznas sebelumnya, Saim Marhadan, yang habis masa jabatannya. 


Harnojoyo meminta agar kepengurusan baru ini dapat membawa Baznas Kota Palembang lebih baik lagi.


"Pegawai ASN dan Non ASN sudah lakukan zakat, dan potensi Rp 4 hingga 5 miliar dan potensi penghasilan Rp 1,2 triliun. Dan ini sangat besar sekali, kami berharap peran Baznas ini dapat lebih maksimal," ujar Harnojoyo. 


Ia juga mengajak Baznas terus bekerja sama dengan Pemkot Palembang dan melanjutkan program-progam yang bermanfaat bagi masyarakat. 


Adapun program-progam Baznas sebelumnya, antara lain, bedah rumah, bantuan sembako, bakti sosial, pengobatan gratis dsn lainnya. 


Ketua Baznas Kota Palembang, Ridwan, mengatakan akan meningkatkan lagi peran Baznas di tengah masyarakat dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berzakat.


"Tugas ini berat, tapi kami mengharapkan agar kerja ke depan Baznas lebih baik lagi. Karena itu butuh dukungan dari segala pihak mulai dari masyarakat, pemerintah, tokoh agama untuk dapat meningkatkan potensi zakat yang sangat besar ini," ujar dia.


Ridwan menambahkan, saat ini zakat untuk ASN sudah berjalan akan tetapi tantangan besar yakni bagaimana kesadaran masyarakat untuk menunaikan zakat.


"Bagaimana kita melihat potensi besar ini untuk mengedukasi, mengajak masyarakat.  Mudah-mudahan manfaat zakat bisa dirasakan langsung  masyarakat."


Salah satu upaya Baznas Kota Palembang untuk memaksimalkan potensi zakat ini yakni melakukan sosialisasi terlebih dahulu. 


"Sosialisasi ini bisa kerja sama dengan BUMN, BUMD atau pengusaha. Dan tentu yang sudah jalan yakni unit pengumpulan zakat di tiap masjid akan kita maskimalkan lagi," demikian Ridwan. (Rl/Al)

No comments

Powered by Blogger.