Fitri Harapkan Keberadaan Posyandu Aktif Memberikan Pelayanan Kesehatan


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Pos pelayanan terpadu (Posyandu) merupakan wadah pemberdayaan masyarakat khusus menangani layanan kesehatan awal. 


Keberadaan Posyandu sangat penting, terutama di pelosok.


Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, usai mengunjungi Posyandu di Jalan Silaberanti Lorong Aur Gading RT 27 RW 07, Kelurahan Silaberanti, Kecamatan Jakabaring, Jumat (24/9/2021). 


"Posyandu ini garda terdepan bagi pelayanan kesehatan pertama, khususnya bagi masyarakat kecil, ibu hamil, balita serta lansia. Perlu kita ketahui di saat kondisi pandemi, pelayanan kesehatan terus dijalankan oleh Pemkot Palembang melalui Dinas kesehatan namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan," ujar Fitrianti. 


Ia berharap, keberadaan Posyandu untuk melayani kesehatan aktif kembali, terutama di kawasan pinggiran kota atau pelosok. 


"Untuk itu kami mohon kepada dinas terkait agar bekerja keras dalam melayani masyarakat. Puskesmas harus lebih proaktif dalam melakukan monitor posyandu khususnya di Palembang," kata Fitrianti.


Apalagi, lanjut Fitrianti, adanya gizi buruk di suatu tempat lantaran kurangnya perhatian. Ia menegaskan, ke depan posyandu harus dilakukan pengawasan dan mana yang tidak aktif dimonitor kembali. Kemudian ada bantuan seperti obat-obatan sehingga posyandu benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat.


"Rencana kita pelayanan posyandu ini akan hadir di setiap RT, khususnya kawasan pelosok kota. Karena pelayanan ini merupakan garda terdepan masyarakat kecil memperoleh kesehatan. Dan kita tetap mengingatkan untuk jaga kesehatan, kalau setiap pasien  datang kita pastikan untuk memakai masker menjaga jarak. (Rl/Al)

No comments

Powered by Blogger.