Pulau Seribu Salah satu Destinasi Wisata Baru di Kota Palembang


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Kepulauan seribu ternyata tidak hanya ada di Jakarta. Kawasan ini juga ada di Kota Palembang dan masuk ke dalam salah satu destinasi wisata di kota pempek.


Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, saat ditemui di Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Selasa (14/9/2021).


Isnaini mengatakan, kawasan pulau seribu di Palembang ini sebenarnya sudah lama. Hanya saja memang kawasan pulau yang terbentuk ini tidak sebesar kepulauan seribu di Jakarta.


Kawasan Pulau Seribu di Palembang ini berupa gundukan tanah di pinggiran Sungai Ogan di Palembang. Namun, dibelah oleh air sungai sehingga berbentuk seperti kepulauan kecil.


"Kawasan Pulau Seribu di Palembang ini masuk dalam 76 destinasi wisata yang disajikan oleh Palembang untuk menarik wisatawan berkunjung,” kata Isnaini.


Namun, saat ini kondisinya air sedang meningkat akibat pembangunan sehingga kawasan ini tidak terlihat seperti pulau. Ditambah lagi banyaknya rawa di Ulu Musi Sungai Ogan membuat pulau ini tidak tampak. Meski demikian, masyarakat setempat menamai kawasan tersebut yakni Pulau Seribu. 


Dia juga mengaku pulau seribu di Palembang ini juga memiliki sejarah. Karena ada sebuah masjid yang usianya sama dengan Masjid Ki Marogan yakni 150 tahun. 


"Masjid ini banyak digunakan sebagai tempat berceramah kiyai-kiyai pesohor di Palembang,” ujar Isnaini.


Selain itu, di Kawasan ini juga terdapat kerajinan pembuatan kapal, rumah rakit dengan tatanannya yang khas dan lain sebagainya. Karena itu, kawasan Pulau Seribu ini sangat berpotensi dijadikan destinasi wisata. Namun, saat ini hanya sedikit yang mengenalnya.


Karena itu, pihaknya akan terus gencar mempromosikan Pulau Seribu ini agar ada pihak yang membantu untuk menata dan mempercantik pulau tersebut. 


"Terserah, apakah nanti ada perusahaan yang berminat untuk menatanya dan membuat icon logo perusahaan mereka. Yang penting kawasan ini tertata dan terjaga.”


Isnaini juga optimistis dengan pelonggaran PPKM di Palembang ini mampu menggeliatkan kembali wisata di Palembang, karena selama sebelumnya tempat wisata banyak yang ditutup.


“Tapi, walaupun telah dibuka, pengunjung atau wisatawan tetap wajib menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan hindari kerumunan.” (Rl/Al)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.