BKSDM Kota Prabumulih Apresiasi UMKM Padang


Prabumulih,liputansumsel.com--Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Padang Andi Amir mengatakan, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata berupaya mengelola pariwisata dengan baik, sehingga mampu menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar untuk Kota Padang

Hal tersebut disampaikannya saat menerima kunjungan rombongan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (22/9/2021).

"Kita terus berupaya menggali potensi-potensi pariwisata yang ada, termasuk potensi yang ada di setiap kelurahan dengan menjadikannya Kampung Tematik serta memiliki ikon pariwisata yang mampu menjadi magnet pariwisata di daerah tersebut," ujarnya.

Selain itu, Dinas Pariwisata melalui bidang ekonomi kreatif juga terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat dengan pengembangan UMKM-UMKM, sebagai salah satu penunjang daya tarik wisata.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BKPSDM Kota Prabumulih, Beny Rizal menyatakan, kunjungan ini bertujuan untuk studi lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan VI Kota Prabumulih.

Ia melihat Kota Padang sektor ekonomi kreatifnya berkembang dengan banyaknya UMKM yang bermunculan dan difasilitasi oleh Dinas Pariwisata.

"Untuk itu, melalui kunjungan ini kita berharap para peserta pelatihan dan kepemimpinan ini dapat menyerap dan meniru apa yang telah dilakukan Dispar Padang dan memodifikasi untuk dapat diterapkan di Prabumulih,"imbuhnya.

Menurut Beny, saat ini, sektor ekonomi kreatif di Prabumulih perlu lebih dikembangkan, baik itu sektor kuliner maupun kerajinan.

Untuk sektor kuliner menurutnya tidak akan terlalu sulit, mengingat 15 persen warga Prabumulih berasal dari Kota Padang.

Ia juga menekankan,Prabumulih juga memiliki produk hasil pertanian yang menjadi ikon Kota tersebut yakni Nanas.

"Saat ini, kita juga sedang mengembangkan nanas dalam berbagai sajian kuliner, mulai dari selai, aneka bolu hingga bahan baku tekstil dari limbah nanas," imbuhnya.

Dirinya berharap, dengan kunjungan ini dapat lebih memotivasi jajarannya untuk melakukan terobosan-terobosan guna mengembangkan potensi yang ada di Kota Prabumulih.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Bidang Mutasi BKPSDM Kota Padang Pagara Anas yang mewakili Kepala BKPSDM Kota Padang

No comments

Powered by Blogger.