Kondisi Jalan Nasional Padang - Painan Rusak, Sering Sebabkan Kecelakaan Tunggal


Padang,Painan,Liputansumsel.com -- Kurang baiknya mutu pengerjaan jalan nasional Padang-Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), membuat jalan tersebut rusak berat dan sedang. Bahkan, mengakibatkan kecelakaan tunggal terutama pengendara roda dua.


Pantauan Liputansumsel.com rusaknya jalan nasional Padang-Painan dengan kondisi berat dan sedang terlihat mulai dari Kecamatan Koto XI Tarusan hingga Kecamatan Bayang. Sebagian besar aspalnya terkelupas sehingga membuat lubang berbagai ukuran yang dapat menyebabkan kecelakaan terutama pengendara roda dua.


Salah seorang Warga Kapuh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Andri (39) mengatakan, rusaknya jalan nasional yang belum mendapat perbaikan dari Pemerintah Sumbar, sudah terjadi sejak setahun terakhir, akibat faktor kurang baiknya mutu pengerjaan dan pemeliharaan yang kurang baik. Sering, kecelakaan tunggal seperti pengendara roda dua yang terjungkal, pada Minggu (5/12). Malam.



“Belum ada yang sampai meninggal, hanya luka berat yang paling parah. Peristiwa kecelakaan tunggal yang terjadi pada Minggu (5/12). Malam, kemaren terjadi di Simpang BP Nagari Api-Api Kecamatan Bayang, nah untuk itu kami berharap kepada Pemerintah segera diperbaiki, kalau tidak diperbaiki tentu berdampak buruk terhadap pengendara,” ujarnya pada Liputansumsel.com Senin (6/12.).


Menurutnya, kondisi aspal sudah mengelupas menyebabkan jalan menjadi berlobang. Sehingga banyak pengendara terutama pengendara roda duo mengalami kecelakaan.


 “Bisa kita lihat sendiri kondisi jalan ini, disini sudah rusak parah. Aspalnya juga sudah jadi tanah, kalau pengendara kurang ekstra hati-hati pasti terpeleset,” ungkapnya.


  Ia menjelaskan, rusaknya jalan itu membuat jarak tempuh menjadi lama, karena, pengendara harus ekstra hati-hati mengendarai agar tidak terjerembab ke dalam lubang dalam.


“Kami berharap pihak terkait, segera memperbaiki jalan yang rusak ini, agar pengendara tidak lagi terjebak ke dalam lubang dalam sehingga tidak ada lagi mengalami kecelakaan tunggal. Padahal jalan tersebut merupakan jalur lintas Padang ke Bengkulu yang padat dilalui kendaraan, “ujarnya lagi.


Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar melalui Plt Kadis PU, Syahriwan, mengaku, telah berkoordinasi dengan Pelaksana Jalan Nasional (PJN) III Wilayah Sumbar mengenai rusaknya ruas jalan nasional Padang-Painan yang membentang di 15 Kecamatan, agar segera diperbaiki, karena merupakan akses utama jalur Padang ke Bengkulu.


Sudah kami koordinasikan ke PJN III Wilayah Sumbar, agar jalan nasional dapat segera diperbaiki karena bukan tanggung jawab Pemkab Pessel. Kami berharap warga dapat bersabar,” tutupnya.

No comments

Powered by Blogger.