Raih IGA Award 2021, Mendagri Tetapkan Muara Enim Sebagai Kabupaten Terinovatif di Indonesia


Muara Enim, Liputansumsel.com Kabupaten Muara Enim kembali menorehkan prestasi gemilang, setelah Rabu (29/12/2021) kemarin Plh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) Dr Eko Prasetyo PP SSi MSi MA mengumumkan Pemkab Muara Enim sebagai peringkat 4 nasional pemerintah kabupaten paling inovatif di Indonesia dalam anugerah Innovative Government Award (IGA) 2021. Penghargaan yang diserahkan secara daring oleh Mendagri Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian MA PhD kepada Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar SH MM ini menjadikan Kabupaten Muara Enim sebagai kabupaten paling inovatif di luar Pulau Jawa dari total 415 kabupaten di Indonesia.  


Dalam Surat Keputusan Mendagri Nomor 002.6-5848 Tahun 2021 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, Kota Tahun 2021, skor indeks inovasi Kabupaten Muara Enim mencapai 62,97 atau peringkat 4 setelah Kabupaten Banyuwangi, Wonogiri dan Bogor. 


Pj Bupati-pun mengucapkan rasa syukur dan bahagianya atas penghargaan yang diterima. Namun demikian dirinya menekankan bahwa bukanlah penghargaan yang dikejar, melainkan bentuk konkret atau aksi nyata dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dijelaskannya bahwa inovasi yang dihadirkan merupakan wujud dari semangat dan cita-cita dalam menyelenggarakan reformasi birokrasi sehingga pemerintah daerah harus pandai mencari peluang, terobosan, wawasan futuristik dan jeli terhadap potensi daerahnya. 


Adapun inovasi unggulan Kabupaten Muara Enim yang dianggap luar biasa dan mampu memberikan dampak signifikan terhadap pembangunan daerah oleh Kemendagri, yaitu Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa), Simpapdes (Sistem Penjaringan dan Penyaringan Aparatur Pemerintah Desa), Panti Rakyat (Program Asuransi Kematian untuk Rakyat), Ayo Ting Ting (Ayo Cegah Stunting dengan Parenting), Si Kuning Online (Penerbitan kartu prakerja secara daring), Mampir Bos (Muara Enim Peluang Investasi Regional melalui Bedah Investasi Online Sistem) dan Madam CSR (Manajemen Daerah Membangun dengan CSR). 


Dijelaskan oleh Pj. Bupati masih banyak lagi inovasi unggulan dari tiap-tiap perangkat daerah. Untuk itu dirinya menginstruksikan seluruh perangkat daerah berlomba-lomba dalam berinovasi demi meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.